f Romantika Wisata Sejarah di Candi Muara Takus | RIAU1.COM
//riau1.com/

#top

Romantika Wisata Sejarah di Candi Muara Takus

R1/wira


Candi Muara Takus/Net Candi Muara Takus/Net

RIAU1.COM - Salah satu wisata sejarah yang bisa dikunjungi di Riau yakni, Candi Muara Takus di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar.

www.jualbuy.com

Baca Juga: Berikut Syarat untuk Pengurusan Izin Lembaga Pelatihan Kerja di Pekanbaru

Candi tersebut berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Saat ini, situs Candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok ± 80 cm, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir Sungai Kampar Kanan. 

Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.

Namun demikian, para pakar purbakala belum dapat menentukan secara pasti kapan situs candi ini didirikan. Ada yang mengatakan abad ke-4, ada yang mengatakan abad ke-7, abad ke-9 bahkan pada abad ke-11. 

Namun candi ini dianggap telah ada pada zaman keemasan Sriwijaya, sehingga beberapa sejarahwan menganggap kawasan ini merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan Sriwijaya.

Candi Muara Takus memiliki keunikan, Bahan bangunan Candi terdiri dari batu pasir, batu sungai, dan batu bata. Sebagian besar bangunan candi terdiri dari batu bata. Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar, berbentuk menara yang sebagian besar terbuat dari batu bata dan sebagian kecil batu pasir kuning. 

Baca Juga: Ingin Dirikan Lembaga Kesejahteraan Sosial di Pekanbaru? Berikut Syaratnya

Infrastruktur untuk menunju destinasi wisata sejarah Candi Muara Takus masih dikeluhkan oleh sebagian wisatawan, pasalnya, jalan menuju lokasi tersebut masih rusak. Dan juga sarana dan prasarana di sekitar candi belum optimal untuk melayani pengunjung. *
 





Loading...
loading...