f Penjelasan Pengucapan Basmallah Dipermulaan Al-Fatihah dari Buya Hamka di Tafsir Al Azhar | RIAU1.COM
//riau1.com/

#top

Penjelasan Pengucapan Basmallah Dipermulaan Al-Fatihah dari Buya Hamka di Tafsir Al Azhar

R1/wira


Buya Hamka/Net Buya Hamka/Net

RIAU1.COM - Tentang ayat

بِِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم (Bismillahir-Rohmanir-Rohim) agak panjang juga pembicaraan di antara para ulama, baik Bismillah dipermulaan al-Fatihah atau Bismillah dipermulaan sekalian Surat al-Qur'an, kecuali pada permulaan Surat Baroah (at Taubah). 

www.jualbuy.com

Baca Juga: Berikut Syarat untuk Pengurusan Izin Lembaga Pelatihan Kerja di Pekanbaru

Yang menjadi perbincangan ialah, apakah Bismillah di permulaan Surat itu masuk dalam Surat atau di luar Surat? 
Supaya lebih mudah peninjauan kita tentang perbedaan-perbedaan pendapat para sarjana keislaman itu, terlebih dahulu kita kemukakan titik-titik pertemuan. 

Semuanya tidak ada selisih bahwa Bismillahir RohmanirRohim itu memang ada tertulis dalam surat 27 (an-Naml) yaitu seketika Maharani Balqis, raja perempuan dari negeri Saba menerangkan kepada orang-orang besar kerajaannya bahwa dia menerima sepucuk surat dari Nabi Sulaiman yang ditulis : 
       بِِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
 "Dengan nama Alloh yang Maha Pemurah, Maha Penyayang ":
Dan titik pertemuan paham mereka yang kedua ialah bahwa menurut ajaran Rasulullah s.a.w sendiri, sekalipun surat al-Qur'an yang 114 Surat kecuali surat Baraah (At Taubah) semuanya dimulai menuliskannya dengan Bismillah itu selengkapnya, menurut yang tertulis di ayat 30 Surat an-Naml itu. 

Maka Mushaf pertama yang ditulis oleh panitia yang diketuai oleh Zaid bin Tsabit atas perintah Khalifah pertama Saiyidina Abu Bakar itu adalah menurut yang diajarkan Nabi itu, pakai Bismillah diawal permulaan Surat, kecuali Baraah (at-Taubah). 

Dan Mushaf Saiyidina Usman bin Affan pun ditulis cara demikian pula. Semua pakai Bismillah, kecuali Baraah
Tentang Bismillah ada di permulaan tiap-tiap surat, kecuali surat Baraah atau at-Taubah tidaklah ada perselisihan Ulama. 

Yang diperselisihkan ialah terletaknya dipangkal Surat itu menjadikan dia termasuk dalam Surat itukah, atau sebagai pembatasnya dengan Surat-­surat yang lainnya saja, atau dia menjadi ayat tunggal sendiri. 

Baca Juga: Ingin Dirikan Lembaga Kesejahteraan Sosial di Pekanbaru? Berikut Syaratnya

Demikian ringkasan pengucapan Basmallah di surat dalam Al Quran menurut Buya Hamka di Tafsir Al Azhar.*





Loading...
loading...