Penerbangan Sumbar-Malaysia Kembali Dibuka

Penerbangan Sumbar-Malaysia Kembali Dibuka

2 Oktober 2022
Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar/Net

Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar/Net

RIAU1.COM - Setelah lama terhenti akibat pandemi covid-19, akhir pekan ini maskapai Air Asia dari Kuala Lumpur, Malaysia kembali mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatera Barat.

PT Angkasa Pura II memang secara resmi membuka kembali rute penerbangan internasional Padang – Kuala Lumpur. Sabtu (1/10/22) pagi, pendaratan pertama maskapai Air Asia dari Kuala Lumpur bernomor penerbangan AK 403, dengan mulus mendaratkan kembali pelancong asal negeri jiran di landasan BIM tepat pukul 07:50 WIB.

Sementara penerbangan AK 402 dari BIM menuju Kuala Lumpur dilepas langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy pada pukul 08:30 WIB.

Menurut Wagub, seperti dimuat Langgam.id, dibuka kembali rute Padang – Kuala Lumpur sangat istimewa karena juga bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Sumatra Barat yang ke-77. Ia juga berharap pembukaan kembali BIM sebagai entry point Internasional dapat membantu pertumbuhan ekonomi Sumbar, khususnya di sektor pariwisata dan UMKM.

“Setelah sekian lama akhirnya Bandara Internasional Minangkabau dibuka kembali untuk penerbangan internasional. Pembukaan BIM ini tentunya membuka peluang bagi dunia pariwisata dan UMKM Sumatra Barat,” tutur Wagub.

Manajemen Air Asia menyampaikan rute Padang – Kuala Lumpur dengan flight AK 402 dan AK 403 akan melayani penerbangan setiap Selasa dan Sabtu, dengan rata-rata penerbangan di pagi hari. Sebelumnya rute ini termasuk ramai, karena diterbangi setiap hari.*