Hiu Macan Tutul Terdampar di Pantai Kincir Salido Pesisir Selatan Sumbar

Hiu Macan Tutul Terdampar di Pantai Kincir Salido Pesisir Selatan Sumbar

25 Mei 2022
Hiu yang terdampar

Hiu yang terdampar

RIAU1.COM - Ditemukan seekor hiu macan tutul terdampar di Pantai Kincir Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Penguburan ikan sepanjang 4 meter dan lebar 1 meter itu dilakukan hari ini, Rabu (25/5/2022).

Hiu macan tutul yang terdampar itu sempat menyorot perhatian warga sekitar. Warga pun melampiaskan rasa penasaran dengan mendatangi lokasi penemuan.

"Penasaran karena kata orang ada ikan besar. Kami lihat, ternyata memang besar, sayang sudah mati,” kata warga Salido, Kecamatan IV Jurai Nanik Anggarin (32) setelah datang ke lokasi.

Selain Nanik, seperti dimuat Langgam, id, sejumlah warga di sekitar Kecamatan IV Jurai juga mendatangi lokasi. Meski bukan kali pertama kejadian serupa terjadi, namun tetap saja memantik rasa keingintahuan warga. Catatan Langgam.id, satwa serupa juga pernah terdampar di Pantai Tan Sridano, Kecamatan Batang Kapas, dan di Muara Sungai Batang Surantih, Kecamatan Sutera.

Kepolisian Sektor (Polsek) IV Jurai membenarkan kejadian tersebut. Jajaran Polsek setempat juga telah mendatangi lokasi terdamparnya hiu macan tutul.

Kapolsek IV Jurai AKP Hardi Yasmar mengatakan, hiu yang terdampar ditemukan warga dalam keadaan mati sekitar pukul 15.00 Wib.

“Lokasi ditemukannya di Pasir Pantai Kincir Salido Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Panjangnya lebih kurang 4 meter dan lebar 1 meter,” kata Kapolsek usai turun ke lokasi bersama wali nagari setempat.

Dia mengaku belum mengetahui penyebab matinya hiu. Untuk penanganan selanjutnya, akan dilakukan penguburan hari ini.

"Kalau dibiarkan saja, akan menggangu dan menimbulkan bibit penyakit. Ini perlu diantisipasi,” tuturnya.*