Pengunjung Festival Pantai Pariaman Naik 100 Persen

Pengunjung Festival Pantai Pariaman Naik 100 Persen

7 Mei 2022
Wali Kota Pariaman, Genius Umar

Wali Kota Pariaman, Genius Umar

RIAU1.COM - Festival Pantai Pariaman kembali digelar setelah terhenti selama lebih kurang 2 tahun. Event ini digelar karena Kota Pariaman sudah dinyatakan zona hijau dari pandemi covid-19.

Walikota Pariaman Genius Umar mengungkapkan, dari ramainya wisatawan yang datang, tingkat kenaikan pengunjung meningkat dari tahun lalu sekitar 100 persen, atau dua kali lipat dari tahun lalu.

“Dalam satu hari saja rata-rata tamu yang datang ke Kota Pariaman ada sekitar 50 ribu orang,” ungkap Genius saat meninjau salah satu objek wisata Talao Pauh Kota Pariaman, di hari ke 4 Lebaran, Jumat (6/5/2022). Pada kesempatan itu Genius melakukan pemantauan kelapangan untuk memastikan kesiapan personel di 8 titik objek wisata yang telah dibuka selama lebaran berlangsung.

Wali Kota merinci, 60% tamu dari rantau dan 40% tamu lokal. Sedangkan pemasukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pariwisata ada sekitar 60 juta, dan dari sektor retribusi parkir ada pemasukan sekitar 10-11 juta dalam sehari.

Loading...

Dapat dilihat dan dihitung berapa banyak PAD yang masuk selama Festival Pantai digelar, dan juga ekonomi masyarakat yang meningkat dengan adanya keramaian tersebut.

"Dengan adanya peningkatan PAD dari sektor pariwisata dan retribusi parkir, saya minta instansi terkait dan Forkopimda mengefektifkan kembali retribusi untuk PAD ini, tidak boleh lagi ada kebocoran, tidak boleh lagi ada yang ilegal, semuanya harus ikut aturan yang telah ditetapkan dan diawasi langsung dengan ketat oleh Forkopimda Pariaman,” jelas Genius Umar.*