Ini Jalur Kereta Api di Padang Pariaman yang Diminta Wabup Kembali Diaktifkan

Ini Jalur Kereta Api di Padang Pariaman yang Diminta Wabup Kembali Diaktifkan

13 Oktober 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Jalur kereta api dari Naras ke Sungai Limau diminta Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmah agar diaktifkan kembali.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menghadiri rapat koordinasi bersama dengan Direktorat Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Indonesia, Selasa (12/10/2021).

Memurutnya, seperti dimuat Langgam.id, pengaktifan kembali jalur tersebut dapat mempermudah akses transportasi masyarakat dengan menggunakan kereta api.

“Jalur kereta api dari Naras ke Sungai Limau agar dapat diaktifkan kembali, karena hal ini dapat mempermudah akses masyarakat,” katanya.

Ia menyebut, sebelumnya sudah ada rencana untuk meneruskan jalur kereta api hingga ke Sungai Limau untuk dilanjutkan. Selain itu, stasiun kereta apa juga masih ada yakni di dekat kantor Camat Sungai Limau.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Padang Pariaman Rifki Monrizal Nasrida Putra menyebut, Padang Pariaman memiliki rel kereta yang sangat panjang. Dari 17 kecamatan yang ada, 7 di antaranya dilewati oleh rel kereta api yakni dari Duku-Kayu Tanam dan Duku-Kuraitaji

Loading...

“Saat ini kami masih mendata jumlah perlintasan sebidang yang ada di Kabupaten Padang Pariaman dengan mengidentifikasi pada kecamatan dan nagari untuk menentukan perlintasan sebidang yang masih dipakai dan yang sudah tidak digunakan,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi mengatakan, banyaknya kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta api menjadi perhatian saat ini.

Menurutnya, kecelakaan tersebut dapat ditekan dengan peningkatan pengamanan perlintasan sebidang serta dengan melakukan sosialisasi berkelanjutan kepada masyarakat.


 
“Banyaknya kejadian laka dikarenakan pelanggaran oleh pengemudi," sebut dia.*