Wilayah Sumbar Dilanda Angin Kencang, Seorang Petani Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang

Wilayah Sumbar Dilanda Angin Kencang, Seorang Petani Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang

5 April 2021
ilustrasi

ilustrasi

RIAU1.COM -Seorang pria peladang yang tengah membersihkan ladangnya di Kelurahan Teluk Kabung Selatan dilaporkan meninggal dunia akibat tertimpa pohon pada Jumat (2/4) kemarin.

Lurah Teluk Kabung Selatan, Zulfahmi mengatakan, warga tersebut tertimpa pohon sekitar pukul 15.00 WIB di RT 03/RW 02, Kelurahan Teluk Kabung Selatan.


Kejadian ini diakibatkan angin kencang disertai hujan yang melanda Kota Padang dalam dua hari terakhir dan memakan korban jiwa manusia. 
“Memang benar ada warga kita tertimpa pohon, dia bernama Naldi," kata Zulfahmi, Sabtu (3/4).


Zulfahmi mengtakan, saat peristiwa terjadi korban sedang membersihkan ladang, tiba-tiba datang angin kencang yang membuat pohon tumbang dan menimpa dirinya. Saat tertimpa, korban mengeluarkan darah dari hidung dan dilarikan ke RSUP DR M Djamil Padang untuk perawatan.

Akan tetapi, pada Sabtu (3/4) sekitar pukul 00.25 WIB, korban dilaporkan meninggal dunia.

19 Titik dari Rumah Sampai Mobil

Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda Kota Padang sejak Sabtu (3/4) siang hingga malam hari membuat sekitar 19 titik pohon tumbang dan sempat menghambat lalu lintas.

Catatan Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang terdapat lebih kurang 19 titik pohon tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang tersebut,

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra menyebut, sampai pukul 18.00 WIB berdasarkan laporan sudah terjadi pohon tumbang yang terjadi di 19 titik pada 9 kecamatan di kota Padang.

 

“Ada sekitar 19 titik yakni, di kecamatan Padang Selatan ada 4 titik, Padang Barat 1 titik, Kuranji 2 titik, kecamtan Lubeg 4 titik, kecamtan Pauh 3 titik dan di kecamatan Lubuk Kilangan, Padang Timur, Padang Utara, Koto Tangah masing-masing 1 titik dan satu unit mobil tertimpa di kawasan Koto Baru, Kecamatan Lubuk Bagaluang,” jelas Sutan Hendra.


“Di Padang Utara, pohon tumbang menimpa Kantor Lurah Ulak Karang Utara,” kata Sutan Hendra.

Selain itu, satu unit mobil dan sejumlah rumah juga dilaporkan tertimpa pohon yang tumbang tersebut.

 

"Untuk kejadian pohon tumbang menimpa satu unit mobil serta rumah terjadi di Jalan Koto Baru IV Nomor 05 Rt 02/Rw 04, Koto Baru, Kecamatan Lubuk Begalung," katanya.

Saat ini, kata Sutan, pihaknya masih melakukan pembersihan terhadap pohon tumbang tersebut.


"BMKG sudah mengeluarkan peringatan tentang cuaca ekstrim dan hujan lebat disertai angin kencang seminggu ke depan. Jadi masyarakat diimbau untuk hati-hati, terutama sekali hindari parkir mobil atau berteduh di bawah pohon,” tutupnya. (Khazminang)