Ekonomi Kreatif Paling Dominan di Sumbar Itu Kuliner

Ekonomi Kreatif Paling Dominan di Sumbar Itu Kuliner

23 Maret 2021
Sandi Uno/net

Sandi Uno/net

RIAU1.COM -Saat berkunjung ke Sumatera Barat, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagi kuliner yang enak dan beragam. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut Sumatra Barat (Sumbar) tidak bisa terlepas dari kuliner. Menurut Sandiaga, hal itu membuat kuliner di Sumbar bisa menjadi produk unggulan di pusat kreatif atau creative hub.

“Sumbar tidak bisa lepas dari kuliner, biasanya creative hub itu animasi dan semacamnya tapi sebetulnya ekokraf paling dominan di Sumbar dan layak dikemas itu kuliner,” kata Sandiaga Uno dalam webinar bertema Mambangkik Parekraf Kota Padang di Masa Pandemi yang ditayangkan langsung akun YouTube langgam.id, Senin (22/3/2021) malam.

Menurut Sandi, meski rendang dari Sumbar sudah terkenal ke luar negeri, masih banyak kuliner lain yang berpotensi jadi produk ekonomi kreatif dari Sumbar. Salah satu yang pernah ditemui sandi yakni olahan jengkol.

“Rendang itu sudah terkenal sedunia. Namun banyak sekali produk kuliner seperti jengkol hot plate, itu juga bagian dari gagasan dari kreatif ekonomi,” ucapnya.
 
Webinar itu juga diikuti Plt Wali Kota Padang Hendri Septa hingga penyanyi Minang Kintani. Hendri menyebut banyak sektor ekonomi kreatif di Padang yang terdampak pandemi mulai dari kuliner, kesenian hingga pariwisata.

Handri juga memaparkan sejumlah program untuk memulihkan ekomoni di Padang di masa pandemi ini. Salah satu program itu yakni di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Program unggulan yang kami kembangkan adalah memperkuat peran dari pantahelix pariwisaata, serta kami memeri ruang seluas-luasnya pada pelaku ekonomi kreatif untuk bangkit dalam pemasaran produknya,” kata Hendri. (Langgam.id)