Dua Sungai Meluap, Hampir Seluruh Wilayah Kota Solok Terendam Banjir

Dua Sungai Meluap, Hampir Seluruh Wilayah Kota Solok Terendam Banjir

12 Januari 2021
banjir kota Solok/ langgam.id

banjir kota Solok/ langgam.id

RIAU1.COM -Sebagian besar Wilayah di Kota Solok Sumatera Barat terdam banjir, akibat hujan dengan intensitas tinggi yang melanda daerah tersebut pada Senin (11/1/2021). Banjir juga diakibat oleh meluapnya Sungai Batang Lembang dan Batang Gawan yang ada di daerah tersebut.

“Hampir rata seluruh Kota Solok (terdampak), karena luapan dari dua sungai besar. Hampir seluruh merata,” kata Kabid Rehab Rekon Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, Adel dihubungi langgam.id, Selasa (12/1/2021).


Adel mengungkapkan genangan air terparah terjadi di Kelurahan Kampai Tabu Karambia dan 9 Korong. Dua wilayah ini ketinggian air mencapai 80 centimeter sampai satu meter.

Loading...

“Untuk sekarang di Kelurahan KTK (Kampai Tabu Karambia) dan 9 Korong ketinggian air hingga dada orang dewasa. Awalnya peningkatan debit air sudah terjadi sejak malam,” jelasnya.

Menurutnya, hingga pagi tadi debit air kembali naik begitu signifikan. Selain rumah warga, banjir juga menerjang lahan pertanian milik warga.
 
“Kami belum mendata total yang terdampak. Karena kami masih fokus evakuasi warga. Personel sedang di lapangan sekarang. Beberapa warga sudah kami evakuasi ke lokasi yang aman,” ujarnya. (Langgam.id)