Banjir dan Longsor Landa Pasaman Barat akibat Hujan Deras

Banjir dan Longsor Landa Pasaman Barat akibat Hujan Deras

6 Oktober 2020
Banjir  rendam puluhan rumah di Pasaman Barat akibat Hujan Deras/Langgam

Banjir rendam puluhan rumah di Pasaman Barat akibat Hujan Deras/Langgam

RIAU1.COM -PASBAR- Cuaca buruk, Hujan deras yang mengguyur wilayah Pasaman Barat, Sumbar, menyebabkan banjir dan longsor. Setidaknya puluhan rumah di Jorong Harapan terendam banjir akibat kondisi itu.

Banjir merendam rumah warga di Kampung Gadang, Aia Napa, Kampuang Baru Jorong Harapan dengan ketinggian bervariasi. Masyarakat sempat mengungsi ke rumah keluarga terdekat selama beberapa jam, karena kedalam air mencapai setengah meter.

“Saat luapan sungai mulai naik, masyarakat mengungsi, namun sekarang sebagian sudah kembali ke rumahnya,” ujar Kepala Jorong Harapan Maifal.

Maifal menambahkan, lokasi tersebut merupakan daerah yang rawan banjir, jika hujan lebih dari tiga jam maka Batang Tinggam dipastikan meluap. Beruntung saat ini banjir tidak merusak lahan pertanian masyarakat.


“Sejak magrib tadi, masyarakat sudah mulai membersihkan rumah mereka, beberapa memang belum kembali sebab karena menuggu air surut,” sebutnya.

Selain banjir, waktu bersaman juga terjadi longsor di Jalan Lintas Talu-Panti, persisnya di daerah Tinggam. Material longsor seluas sepuluh meter sempat menutup bahu jalan. (Langgam.id)