Pariwisata Kota Padang Berbenah, 4 Destinasi Menjadi Andalan

Pariwisata Kota Padang Berbenah, 4 Destinasi Menjadi Andalan

27 Juli 2020
Bendungan Niagara di Kota Padang/langgam

Bendungan Niagara di Kota Padang/langgam

RIAU1.COM -PADANG- Wisata kota Padang menjadi lesu sejak diserang pandemi, apalagi padang menjadi zona merah. Memasuki masa new normal Dinas Pariwisata Padang memproyeksikan empat lokasi destinasi wisata andalan yang siap bersaing dengan objek wisata lainnya. Keempatnya merupakan destinasi pulau, pemandian, dan panorama.

“Proses persiapannya sudah dimulai,” kata Kepala Dinas Pariwisata Padang Arfian, Minggu (26/7/2020).

Destinasi itu adalah Pulau Pisang Gadang, Bukit Karan, bendungan Niagara Koto Pulai, dan bendungan Koto Tuo.

Saat ini, untuk Bukit Karan dan Pulau Pisang Gadang, kata Arfian, telah dibentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Sedangkan dua lainnya tengah dikomunikasikan.

“Kelompok sadar wisata nantinya akan mengembangkan destinasi itu, sedangkan Pemkot memberikan pendampingan serta memfasilitasi,” katanya.

Pemkot juga akan mendukung lewat promosi serta menggelar even-even di lokasi tersebut. Pihaknya menargetkan, tahun 2021 destinasi wisata itu telah berjalan sebagai pilihan wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan.

Menurutnya, pulau Pisang Gadang merupakan wisata pulau yang mempunyai hamparan luas dan memukau mata. Di lokasi itu, juga terdapat situs cagar budaya, bisa menyelam, dan jaraknya tidak jauh jika menyeberang dari Pantai Air Manis.

Ia mengatakan, pada pulau tersebut, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan menyelam. Sedangkan bukit Karan adalah wisata alam yang menjanjikan panorama menawan.

Sementara itu, Koto Pulai dan Koto Tuo yang berada di Kecamatan Koto Tangah yang bisa dijadikan destinasi pemandian. (Langgam.id)