Cerita Dibalik 132 Anak Tangga Goa Jepang di Bukittinggi

Cerita Dibalik 132 Anak Tangga Goa Jepang di Bukittinggi

24 Juli 2020
Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tahukah bahwa terdapat 132 anak tangga untuk turun sebelum memasuki ruang demi ruangan di salah satu wisata sejarah di Goa Jepang atau Lobang Jepang di Bukittinggi.

Ratusan anak tangga ini sengaja dibuat untuk melengkapi fungsi stragis dari lubang bersejarah ini dinukil dari suara.com, Jumat, 24 Juli 2020.

Konon, untuk menjaga kerahasiaan gua ini, orang Indonesia yang pernah datang akan dihabisi agar tak ada yang bisa bercerita atau bersaksi.

Perlakuan tak manusiawi itu karena Goa Jepang dijadikan sebagai pusat komando pertahanan tentara Jepang di Sumatera atau Seiko Sikikan Kakka dibawah pimpinan Jenderal Watanabe.

Saat pertama dibuat, Goa Jepang terbagi dalam beberapa kamar. Mulai dari lorong untuk rapat, tempat makan hingga kamar para tahanan.

Selain itu juga ada 12 barak militer, 12 tempat tidur, 6 buah ruang amunisi, dua ruang makan romusha dan satu ruang sidang.

Serta beberapa saluran untuk ke atas tanah dipakai sebagai area penyergapan dan pengintaian bagi para penduduk yang melintasi daerah itu.