Peralatan Rumah Terendam, Banjir 60 Cm Genangi Beberapa Kawasan di Padang

Peralatan Rumah Terendam, Banjir 60 Cm Genangi Beberapa Kawasan di Padang

9 Juli 2020
Petugas melakukan evakuasi saat banjir melanda kota Padang/langgam

Petugas melakukan evakuasi saat banjir melanda kota Padang/langgam

RIAU1.COM -PADANG-Hujan deras yang menguyur Kota Padang sejak Rabu siang (8/7) mengakibatkan bajir di beberapa wilayah di Kota Bingkuang. Selain merendam beberapa perumahan terlihat juga beberapa ruas jalan terendam.

Pantauan langgam.id di kawasan Jalan Bandes Surau Bali, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, ketinggian air mencapai 40 sentimeter. Air terlihat masuk ke rumah warga di sekitar. “Air masuk hingga ke kamar. Kursi, kasur, kulkas terendam.” ujar warga Weni (26 tahun)

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan berdasarkan laporan hingga pukul 18.10 WIB, banjir terjadi di beberapa titik.

Di antaranya, di Kampung Tarandam, Cupak Tangah, Kecamatan Pauh dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter.

Kemudian di kawasan rumah sakit Ibnu Sina Gunung Pangilun dengan ketinggian air 45 sentimeter. Banjir juga terjadi di kawasan Tabing Banda Gadang. Air diperkirakan mencapai 30-40 sentimeter. “Bahkan di Tabing sebanyak 8 unit rumah warga setempat sudah digenangi air,” ujarnya.

Sejumlah ruas jalan pun digenangi banjir, seperti jalan Cendrawasih dengan ketinggian 40 sentimeter, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor dan untuk sementara akses jalan ditutup.
 
Begitu juga di jalan Gajah Mada Padang, tepatnya di depan SD 03 Alai dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter. Akses Jalan dari Lampu Merah Simpang Alai menuju Gunung Panggilun sementara ditutup.

Kemudian, di jalan Joni Anwar Lapai, juga tergenang dengan ketinggian air 50 sentimeter. Banjir juga terjadi di sekitaran Siteba, ketinggian genangan air dilaporkan mencapai 50 sentimeter.

Banjir juga terjadi di kawasan Lolong. Lokasi tersebut tergenang air setinggi 40 sentimeter dan juga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

“Kami juga terjun ke lokasi untuk melakukan evakuasi, diperkirakan sebanyak 25 warga yang terdampak genangan air sekitar Alai,” ujarnya. Hingga berita ini diturunkan sejumlah kawasan masih terlihat genangan air, Kamis (9/7) walau sudah mulai surut.(Langgam.id)