267 Orang Sembuh dari Corona di Sumbar, Belum ada Penambahan Kasus karena Petugas Labor Libur

267 Orang Sembuh dari Corona di Sumbar, Belum ada Penambahan Kasus karena Petugas Labor Libur

1 Juni 2020
corona/foto internet

corona/foto internet

RIAU1.COM -PADANG-Petugas Laboratorium di Sumatera Barat libur pada Minggu (31/5), sehingga tidak melakukan pemeriksaan swab. Oleh karena itu tidak ada laporan penambahan kasus corona di Sumbar, Senin (1/6). Sehingga kasus corona di Sumbar masih 576 orang.
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan, tidak adanya laporan penambahan kasus positif hari ini karena memang tidak ada pemeriksaan spesimen yang dilakukan kemaren, baik di Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang ataupun Balai Veteriner Kota Bukittinggi.

“Pemeriksaan tidak ada disebabkan petugas laboratorium libur hari minggu, 31 Mei 2020. Namun, ada 2 warga Sumbar yang telah dinyatakan sembuh,” ujarnya di Padang, Senin (1/6).

Pasien yang dinyatakan sembuh itu, kata Jasman, yaitu, seorang anak perempuan berusia 7 tahun, ia merupakan warga Korong Gadang, Kota Padang. Statusnya pelajar. Ia terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi dan pasien di Semen Padang Hospital (SPH).

Kemudian, seorang wanita berumur 41 tahun warga Batu Balang, Kabupaten Limapuluh Kota. Ia merupakan tenaga kesehatan yang terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Wanita tersebut dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adnan WD Payakumbuh.

Sementara itu, berdasarkan data di situs resmi Sumbar Tanggap Covid-19 (http://corona.sumbarprov.go.id/) tercatat sebanyak 567 warga Sumbar dilaporkan positif terinfeksi Covid-19, dengan rincian sebanyak 122 orang dirawat di berbagai rumah sakit rujukan, 40 orang menjalani isolasi mandiri, 2 orang diisolasi oleh pemerintah kabupaten dan kota, 17 orang diisolasi di Bapelkes, 41 orang diisolasi di BPSDM, 14 orang diisolasi di BPP, 39 orang diisolasi di BDK, 25 orang meninggal dunia dan 267 orang telah dinyatakan sembuh.

Lalu, warga Sumbar berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 1.024 orang, dengan rincian sebanyak 50 orang dirawat dan 974 dinyatakan negatif Covid-19.

Lebih lanjut, warga Sumbar yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.189 orang, dengan rincian sebanyak 4 orang dikarantina di masing kabupaten dan kota, 154 orang menjalani isolasi mandiri dan 9.031 orang telah selesai dipantau.