Kontak dengan Pejabat Positif Corona, Wako Payakumbuh Dinyatakan Negatif 

Kontak dengan Pejabat Positif Corona, Wako Payakumbuh Dinyatakan Negatif 

29 Mei 2020
wako payakumbuh riza fahlepi/net

wako payakumbuh riza fahlepi/net

RIAU1.COM -PAYAKUMBUH- Pernah kontak dengan seorang pejabat yang positif corona, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan puluhan aparat sipil negara (ASN) di Payakumbuh dinyatakan negatif Covid-19, setelah melakukan tes swab.
 
Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal memberi tahu hasil negatif tersebut pada wali kota, Kamis (28/5). “Nanti hasil tertulisnya saya kirim kepada bapak,” katanya pada wali kota, sebagaimana dilansir situs resmi Payakumbuh.

Wali Kota Riza Falepi mengatakan, sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri, ia bersama sejumlah pejabat kota lainnya telah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Pasalnya, seorang pejabat Payakumbuh berinisial YA, diketahui terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (23/5). Padahal, sehari sebelumnya, walikota dan staf BPBD serta anggota gugus tugas dan pejabat pemko, kontak dengan YA, dalam acara evaluasi internal gugus tugas secara virtual.
 
Untuk tindakan antisipatif, dan menghilangkan rasa cemas, wali kota bersama seluruh yang kontak dengan YA diambil tes SWAB di RSUD Adnaan WD, Selasa (26/5).

Selang dua hari kemudian, Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, mengirim kabar baik. Semuanya, 69 ASN dan walikota yang diambil tes SWAB, dinyatakan negatif.

Walau begitu, sesuai protokol kesehatan, Walikota Riza Falepi, mengingatkan, agar tidak euforia dengan berita suka tersebut. Sebaliknya, tetap waspada dan meningkatkan kehati-hatian dalam menjalani rutinitas kerja sebagai pegawai pemko.

“Kita-kita ini adalah pelayan masyarakat. Mari hati-hati dan selalu waspada dengan ancaman Covid-19. Dengan tetap menjalani sosial dan physical distancing, pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan meningkatkan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi berimbang serta vitamin C dan E serta buah,” kata wali kota.


Kepada semua ASN yang beberapa hari terakhir isolasi mandiri di rumah, diminta Walikota Riza Falepi, kembali untuk masuk kantor sebagaimana mestinya.

“Saya minta, semuanya sudah mengantor lagi, Jumat besok. Dan kita siap memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat,” ujarnya.

Di antara pejabat pemko yang dinyatakan negatif hasil tes SWAB nya adalah, Sekdako H. Rida Ananda, Asisten II Elzadaswarman, Asisten III H. Amriul, Kadiskes Bakhrizal, Kadiskominfo Jhon Kenedi, Kepala Kantor Kesbangpol Budi D Permana, Kabid Humas Hermanto, Rudi Arnel Lurah Padang Data Tanah Mati, sopir dan ajudan walikota, dan sekdako, staf Bagian Protokol, seluruh staf BPBD dan beberapa staf Dinkes lainnya.

Selain itu, juga diinformasikan, isteri dan anak-anak atau keluarga dari pejabat Payakumbuh yang positif corona (YA), juga negatif dari Covid-19. (Langgam.id)