Peduli Wabah Corona, Alumni UNP Serahkan Bantuan 100 APD ke RSUP M Djamil Padang

Peduli Wabah Corona, Alumni UNP Serahkan Bantuan 100 APD ke RSUP M Djamil Padang

3 April 2020
Alumni UNP Serahkan Bantuan 100 APD ke RSUP M Djamil Padang/Jernihnews

Alumni UNP Serahkan Bantuan 100 APD ke RSUP M Djamil Padang/Jernihnews

RIAU1.COM -PADANG-Sebagai mahasiswa yang pernah menuntut ilmu di negeri Ranah Minang, Alumni Universitas Negeri Padang (UNP) ikut berparsipasi dalam pencegahan wabah corona. Mereka menyerahkan sumbangan tahap pertama, 100 lembar alat perlindungan diri (APD) bagi dokter dan tenaga medis untuk RSUP M Djamil Padang, Jumat (03/04/2020). Sumbangan tersebut diserahkan oleh pengurus alumni UNP Dr. Zulyusri di RSUP M Djamil Padang bersama dengan tim Aksi Cepat Tanggap (ACT).

"Alhamdulillah telah disalurkan donasi APD Tahap 1 sebanyak 100 lembar kepada RSUP M. Djamil Padang. Semoga bermanfaat, Aamiin," kata Zulyusri.

Hingga hari ini, alumni UNP telah berhasil menghimpun donasi untuk pembelian 602 APD yang akan disumbangkan kepada dokter dan para tenaga medis RSUP M. Djamil Padang, satu dari dua rumah sakit di Sumbar untuk rujukan kasus/pasien corona.

Yang mendasari alumni UNP menghimpun donasi untuk pengadaan APD, karena keterbatasan jumlah APD di RSUP M Djamil Padang. Bahkan APD juga langka di pasaran, baik di Padang maupun di daerah lainnya, termasuk di Jakarta. Kalau pun ada yang menjualnya, harganya pun mahal, akibat naik berkali-kali lipat, pasca merebaknya wabah virus corona di Indonesia dan juga hampir di seluruh negara di dunia.

Banyak alumni dan keluarga besar UNP yang berminat memberikan donasi, mulai dari unsur pimpinan universitas, fakultas, jurusan hingga masyarakat di luar alumni UNP pun turut memberikan donasinya melalui jalur ini.

Untuk pengadaan APD tersebut, kata Zulyusri, pihaknya bekerja sama dengan ACT (aksi cepat tanggap) yang memang sudah bisa memproduksi sendiri APD sesuai dengan standar yang telah ditetukan. Sumbangan APD berikutnya masih menunggu selesai pengerjaan dan proses pengirimannya ke Padang.

Satu buah APD dipatok dengan harga Rp100.000,-. Ada yang menyumbang 2, 5 hingga 10 buah APD. Penghimpunan donasi ini dimulai sejak Senin (23/03/2020), melalui media sosial whatsapp.

Menurut Zul, penyumbang atau donatur tidak hanya terbatas pada alumni atau keluarga besar UNP, tapi juga terbuka bagi masyarakat luas yang ingin turut berpartisipasi. "Silakan masyarakat umum juga kita ajak untuk ikut memberi donasi," sebut Zul, pengurus DPP ILUNI UNP yang juga Sekretaris Jurusan Biologi MIPA UNP, dilansir Jernih News.

Donasi dapat ditransfer ke rekening Bank Syariah Mandiri Cabang UNP No. Rek. 7126010014, an Zulyusri, Kode Bank 451, Bank Nagari Capem IKIP/UNP dan No. Rek. 2103.0207.12682.5 an. Zulyusr dengan Kode Bank 118. Setelah mengirimkan dana, bukti transfer harap dikirim ke No. WA 082384612066, atas nama Zulyusri. Dari daftar nama pemberi donasi APD ini, tampak sejumlah nama unsur pimpinan UNP, fakultas dan lainnya.