//riau1.com/

#siak

IPM Siak Peringkat Tiga Tertinggi di Riau

R1/wira


Bupati Siak Alfedri Bupati Siak Alfedri

RIAU1.COM - Pemerintah kabupaten Siak melalui program bujang kampung menghadirkan 10 pelayanan yang dapat di akses warga setiap kampung. Tujuan program ini mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di setiap kampung.

Baca Juga: Saka Wira Kartika Kodim 0322 Siak Dikukuhkan Bupati Alfedri

”Hari ini kami hadir di kampung Merempan Hilir membuka 10 pelayanan, pertama ada pelayan administrasi kependudukan, validasi Puskesos, pelayanan dokter spesialis dan vaksinasi, perizinan UMKM, pojok perpajakan, konsultasi pertanahan, pelayanan mobil pustaka keliling, pelayanan pendidikan (Dapodik), konsultasi pelayanan pengadilan agama dan penyampaian program-program BAZNAS. Silahkan kunjungi dan bertanya, apa yang bapak ibu butuhkan,"kata Bupati Alfedri di kampung Merempan Hilir, kecamatan Siak, kabupaten Siak.

Pemerintah daerah sebut dia, tidak hanya memberikan pelayanan administrasi, kesehatan saja kata Alfedri, namun juga berkomitmen meningkatkan sumber daya manusia masyarakat melalui peningkatan program pendidikan.

”Ini penting, karena rendahnya angka Indeks Pembangunan Manusia atau
IPM dipengaruhi kegagalan memenuhi target indikator rerata lama sekolah. Termasuk bagaimana masyarakat dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan. Karena itu, kedepan bagi keluarga yang masuk kedalam Program Keluarga Harapan atau PKH di data kemudian kita bantu anak tamat SMA, untuk kuliah,”urainya.

Dengan begitu, sambung dia, angka IPM dapat naik, untuk diketahui saat ini angka IPM di kabupaten Siak terang dia berada di urutan tiga di Riau setelah kota Dumai dan Pekanbaru. Ini menunjukan warga sudah dapat mengakses pembangunan, pendidikan serta meningkatnya ekonomi masyarakat.

”Ada tiga tolak ukur IPM yang harus kita penuhi, pertama umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak. Inilah yang harus kita upayakan bagaimana secara bertahap kita penuhi,"ucap dia.

Untuk itu program pendidikan tambah Alfedri, saat ini pemerintah kerjasama dengan beberapa universitas yang ada di Riau dan di pulau Jawa. Agar nantinya anak-anak tidak mampu, PKH, berprestasi bisa belajar di sana.

Baca Juga: E-Wakaf akan Diterapkan, Baznas Siak Beri Penjelasan

"Pemerintah Kabupaten Siak telah melakukan kerjasama dengan beberapa universitas agar anak-anak bisa berkuliah di Kabupaten Siak, selain universitas kami juga melihat pertumbuhan ponpes dan rumah Tahfiz al-quran agar anak-anak dapat pendidikan agama yang baik"tutupnya.*





Loading...
loading...