Edukasi Pelajar SMA Soal Pajak, KP2KP Siak Gelar Lomba Cerdas Cermat

Edukasi Pelajar SMA Soal Pajak, KP2KP Siak Gelar Lomba Cerdas Cermat

12 November 2021
Tim SMA Negeri 1 Tualang juara pertama lomba cerdas cermat perpajakan. Foto: DJP Riau.

Tim SMA Negeri 1 Tualang juara pertama lomba cerdas cermat perpajakan. Foto: DJP Riau.

RIAU1.COM -Dalam rangka mendorong kesadaran generasi milenial agar sadar pajak, Kantor Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Siak Sri Indrapura bekerja sama dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Kabupaten Siak mengadakan Lomba Cerdas Cermat Perpajakan III tingkat SMA sederajat. Lomba ini guna memberikan edukasi secara langsung kepada pelajar tentang pentingnya pajak bagi negara. 

Kepala KP2KP Siak Sri Indrapura Jefrinaldi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/11/2021), mengatakan, lomba Cerdas Cermat ini bukan hanya untuk kegiatan prestasi semata. Melainkan, lomba ini juga memberikan edukasi secara langsung kepada pelajar bahwa pentingnya pajak bagi negara. 

“Cerdas Cermat ini merupakan implementasi dari program Tax Goes to School (TGTS) yang mengajak para anak usia sekolah untuk mengenal pajak lebih jauh, seperti manfaat dan sistem perpajakan di Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Siak Sariah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, terutama kantor pajak atas terselenggaranya kegiatan lomba cerdas cermat secara daring berbasis aplikasi Kahoot!.

Hasil dari Lomba Cerdas Cermat Perpajakan yaitu Juara 1 diraih oleh SMAN 1 Tualang. Juara 2 diraih oleh MAN 1 Siak. Juara 3 diraih SMKN 1 Bunga Raya. Juara Harapan 1 diraih oleh MAN Insan Cendekia Siak. Juara Harapan 2 diraih oleh SMA Sains Tahfidz Islamic Center. Juara Harapan 3 diraih oleh SMAN 2 Tualang.

Selain itu, pemenang lomba hiburan juga diumumkan yaitu Lomba Pantun dan Instagram Story. Pemenang Lomba Pantun adalah Hesti Aulia dari SMAN 1 Siak sebagai juara 1, Siti Nurhaliza dari SMA Sains Tahfidz Islamic Center sebagai juara 2, dan Sion Munthe dan Silvi Nurfazri dari SMKN 1 Kandis sebagai juara 3.

Juara 1 Instagram Story diraih oleh Muhammad Rezki dari SMAN 1 Siak, Hilda Tamara dari SMAN 1 Tualang dan Naula Zulfa Romza dari SMA Sains Tahfidz Islamic Center sebagai Juara 2 dan 3. Pemenang lomba memperoleh hadiah berupa piala tetap, piala bergilir, uang tunai dan hadiah lainnya. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam empat tahap, mulai dari babak penyisihan pada 25 Oktober. Babak perempat final, babak semifinal, sampai dengan babak final pada 4 November. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Puncak kegiatan lomba bertempat di MAN I Siak pada 10 November. Penyerahan penghargaan dan hadiah bagi para pemenang lomba yang dilakukan secara luring di sekolah ini.