Berikut Berbagai Faktor untuk Capai Herd Immunity Kata Bupati Alfedri

Berikut Berbagai Faktor untuk Capai Herd Immunity Kata Bupati Alfedri

5 November 2021
Bupati Siak, Alfedri

Bupati Siak, Alfedri

RIAU1.COM - Menurut keterangan Bupati Siak, Alfedri bahwa realisasi target herd immunity terhadap COVID-19 di Kabupaten Siak bergantung pada beragam hal, mulai dari ketersediaan vaksin dari pemerintah pusat, hingga percepatan dan perluasan sentra vaksin.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, total sasaran vaksin COVID-19 di Kabupaten Siak baru mencapai 30 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Siak.

"Hal itu lah membuat kami menemui Dirjen P2P diterima langsung Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementrian Kesehatan, dr Prima Yosephine didampingi Koordinator Imunisasi Iqbal Djakarya. Kami menyampaikan permintaaan tambah vaksin," kata Alfedri, Kamis (4/11/2022).

Alfedri juga menyampaikan cakupan vaksin COVID-19 di Kabupaten Siak untuk Dosis I: 30,08 persen, Dosis II: 19,73 persen. Target Vaksinasi ini terbilang rendah. Untuk itu dirinya didampingi kepala Dinas Kesehatan Siak mengajukan permintaan.

"Antusias masyarakat kita cukup tinggi terhadap vaksin, tentu kita mengajukan permintaan vaksin Covid-19 sebanyak 100.000 dosis yang akan disebarkan nantinya ke 14 kecamatan," ujarnya.

Sementara itu, Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan dr Prima Yosephine menjelaskan akan mengupayakan pemberian vaksin untuk Kabupaten Siak secara bertahap.

"Insya Allah, kami akan mengutamakan pengiriman 100.000 dosis untuk Kabupaten Siak, karena kata pak bupati tadi masyarakat di Siak antusiasnya cukup besar untuk divaksin. Kita harapkan 100 ribu vaksin akan turun dari Kemenkes secara bertahap," kata dia.

Kemudian dia juga meminta Kabupaten Siak nantinya menyiapkan strategi agar di bulan Desember nanti, tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19.*