Bupati Siak Bersama Kapolres Siak Tinjau Pelaksanaan Rapid Swab Antigen di IKPP Perawang

Bupati Siak Bersama Kapolres Siak Tinjau Pelaksanaan Rapid Swab Antigen di IKPP Perawang

21 Agustus 2021
Bupati Siak Bersama Kapolres Siak Tinjau Pelaksanaan Rapid Swab Antigen di IKPP Perawang

Bupati Siak Bersama Kapolres Siak Tinjau Pelaksanaan Rapid Swab Antigen di IKPP Perawang

RIAU1.COM -Berbagai langkah upaya terus  Dilakukan Pemerintah Kabupaten Siak mulai dari penyekatan jalan, operasi yustisi dengan menyasar masyarakat yang tidak menggunakan masker, pembagian masker di tempat atau rumah ibadah, sampai dengan melakukan swab massal untuk mengetahui tracking proses pencarian dan identifikasi orang-orang yang pernah kontak.

"Hari ini kami bersama Satgas PPKM level 4, Kapolres Siak dan beberapa OPD terkait meninjau pelaksananaan swab antigen karyawan PT Indah Kiat. Ditargetkan sebanyak 1000 orang akan di swab antigen. Ini sesuai dengan amanah intruksi dari menteri dalam negeri no 31 tahun 21 tentang PPKM level 4," kata Alfedri di aula PT IKPP Kecamatan Tualang, Sabtu 21 Agustus 2021.

Bupati Alfedri juga mengatakan, PPKM level 4 ini ditargetkan akan dialkukan swab sebanyak 7400 orang dalam 1 hari. Hal ini dilakukan sejak ditetapkan pada tanggal 10 Agustus hingga 23 Agustus mendatang.

"Sebelumnya para pegawai ASN dan Honor di pemerintah Kabupaten Siak juga sudah melaksanakan dan hari ini serentak perusahaan-perusahaan yang berada di Siak dan anak-anak kita yang belajar di pesantren untuk melakukan swab secara masal guna mengetahui peningkatan dan penurunan secara masif," ucap Alfedri. 

"Diharapkan dengan dilakukan testing secara masif ( swab antigen) bisa melihat kondisi langkah langkah terobosan secara tepat bagaimana upaya untuk mengurangi virus covid 19 dengan meningkatkan kesembuhan dan mengurangi kematian sehingga dapat mencari solusi terbaik," terangnya. 

Bupati Alfedri juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak menolak saat ditunjuk untuk mau dilakukan swab. Ini bertujuan agar dapat mencegah dari awal sebelum para masyarakat terpapar Covid 19. 

"Dengan ini, kita dapat mengetahui lebih awal dan lebih cepat tim medis untuk menangani, serta cepat dan tepat melayani pemberian obat sehingga dapat mengurangi tingkat kematian jadi jangan sampai parah baru dibawa ke rumah sakit," kata Alfedri.


Sementara itu, Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto menambahkan , tes swab antigen merupakan langkah antisipasi guna mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Siak.

"Hari ini terdapat 900 lebih karyawan yang di swab ada 3 orang dinyatakan hasilnya reaktif maka yang bersangkutan wajib menjalani isolasi dan yang bersangkutan diharapkan tidak ada keluyuran kemana-mana karena akan kita awasi dari satgas rt rw, serta satgas kampung dan saya perintahkan pengawasan yang ketat dari Babinkamtibmas,” kata AKBP Gunar. 

Selanjutnya Bupati Siak beserta rombongan membagikan sembako, obat-obatan dan masker bagi yang isolasi mandiri terutama yang belum mendapatkan PKH dan Bantuan tunai kepada masyarakat yang kurang mampu, yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di Kampung Tualang.