Dapat Pinjaman Modal dari CSR PT IKPP, Kini Petani di Tualang Ini Raup Ratusan Ribu Rupiah Setiap Hari

Dapat Pinjaman Modal dari CSR PT IKPP, Kini Petani di Tualang Ini Raup Ratusan Ribu Rupiah Setiap Hari

19 Juli 2021
Dapat Pinjaman Modal dari CSR PT IKPP, Kini Petani di Tualang Ini Raup Ratusan Ribu Rupiah Setiap Hari

Dapat Pinjaman Modal dari CSR PT IKPP, Kini Petani di Tualang Ini Raup Ratusan Ribu Rupiah Setiap Hari

RIAU1.COM -Seorang petani sayur bayam dan kangkung di Kampung Tualang Kecamatan Tualang, mengaku bersyukur menjadi petani binaan  Corporate Social Responbilty (CSR) PT IKPP Perawang. 

Berawal dari bantuan modal usaha bertani, dari CSR PT IKPP, melalui Koperasi Rumah Pintar Abdul Wahid, Sanpardi seorang dari puluhan petani di Tualang kini dapat memanen sayur mayurnya setiap hari, hingga meraup penghasilan ratusan ribu rupiah. Angka tersebut dibilang menggiurkan, lantaran rutin perhari, dan pemasarannya sangatlah mudah.

Saat di temui awak media Senin 19 Juli 2021 pagi, Sanpardi mengaku, bahwa dirinya sekali panen sayur, berupa kangkung bisa mencapai 300 ikat setiap harinya.

"Iya terkadang, kita panen sayur kangkung dan bayam, untuk bayam ada 4 macam, Alhamdulillah, kita bisa mendapatkan hasil panen lebih kurang 300 ribu rupiah perhari," sebutnya.

Sanpardi bercerita, saat awal ia bertani lahannya hanya sepetak dengan ukuran 1 borong, namun setelah mendapat bantuan modal, saat ini lahan tani miliknya sudah meluas menjadi setengah hektar.

"Tahun 2009 saya sudah bertani pak, tapi dulu hanya satu borong, Alhamdulillah setelah dapat pinjaman modal, saya dapat mengembangkan usaha tani sayur ini hingga sekarang mencapai setengah hektar," jelasnya.

Dirinya berharap, kedepannya akan lebih banyak lagi yang peduli terhadap para petani sayur di kecamatan yang berjuluk Kota Industri ini. karena menurutnya kendala para petani di Perawang salah satu nya minimnya mesin penggembur tanah.

"Kita sangat berterima kasih kepada pihak PT IKPP, yang telah memberikan kita bantuan modal, bahkan perusahaan juga pernah memberikan bantuan berupa tangki air dan karpet merah yang saat ini saya gunakan sebagai pagar ladang ini" ujarnya.

"Kami juga berharap, kedepannya ada yang dapat memberikan bantuan kepada kami, sebuah alat atau mesin untuk menggemburkan tanah ini," harapnya.

Loading...

Dia juga berharap kepada pihak perusahaan PT IKPP Perawang, terus melakukan pembinaan kepada para petani, apalagi dalam segi peminjaman modal lunak, sehingga bertani ini bisa dikembangkan lagi.

Sementara itu, Pimpinan CSR PT IKPP Perawang melalui Murseno mengatakan, bahwa kelompok petani, Kampung Tualang Kecamatan Tualang, merupakan binaan CSR PT IKPP Perawang.

"Ada sekitar bebrapa kelompok tani yang merupakan binaaan kita (CSR PT IKPP) salahsatunya pak Sanpardi ini," ungkapnya.

Murseno berancana akan membentuk Koperasi Rumah pintar, sehingga mereka (binaannya,red) bisa mengakses lebih mudah, dengan fasilitas yang diberikan, dan tentu dengan rasa memiliki.

"Insyaallah kedepannya, kita akan membantu para petani ini untuk dapat mengembangkan pertaniannya," sebutnya

Lanjut Murseno, Ini adalah satu bentuk peduli perusahaan terhadap masyarakat terksusus para petani di Kota Industri.

"Kita selalu memberikan motifasi dan semangat dan juga kerpa melakukan monitoring kepada para petani-petani ini. Kendati ditengah Pandemi, petani tetap semangat untuk mengais rezeki, untuk membantu ekonomi keluarga. Saat ini petani tetap melakukan rutinitas sehari hari, tapi proses pemasaran aja berbeda, panen pagi hari, sore baru kita jual," imbuhnya.