Antusias Umat Berwakaf Tinggi di Siak, Hasilnya Bisa Bangun Ruko

Antusias Umat Berwakaf Tinggi di Siak, Hasilnya Bisa Bangun Ruko

9 Juli 2021
Antusias Umat Berwakaf Tinggi di Siak, Hasilnya Bisa Bangun Ruko

Antusias Umat Berwakaf Tinggi di Siak, Hasilnya Bisa Bangun Ruko

RIAU1.COM -Gerakan wakaf uang 1000 rupiah perhari yang di gagas Bupati Siak Alfedri juga sebagai Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) kabupaten Siak tahun lalu, membuahkan hasil. 

Saat ini sedang di bangun tempat wudhu dan ruko dua pintu disamping rumah Pondok Pesantren Darul Hadist jalan Sapta Taruna, kampung Rempak, Kota Siak dimana pembangunannya berasal dari wakaf umat. 

"Kami berterimkasih kepada masyarakat kabupaten Siak, bersyukur karena semangat umat untuk perwakaf terutama wakaf produktif cukup tinggi," kata Bupati Alfedri di damping Wakil Bupati Husni Merza saat meninjau pembanggunan ruko.

Lanjutnya, gerakan wakaf uang ini sudah di mulai januari 2020 lalu, dengan menempatkan tong di setiap kantor untuk mengumpul uang tersebut 

Kata dia, jika pembanggunan ruko ini selesai, dapat di gunakan untuk usaha bisnis seperti mini market, dari hasil usahanya nanti bisa di gunakan untuk keperluan penggelolaan Pondok Pesantren Darul Hadist ini, sehingga pompes menjadi mandiri. 

"Rencananya ruko ini akan kita bangun bertahap, untuk ruko yang mulai di kerjakan sekarang kita gunakan untuk usaha. Jika bisnis ini berhasil akan mampu menopang ekonomi pondok pesantren," urainya. 

Disamping itu kata dia, Pompes hadist ini banyak di minanti masyarakat kabupaten Siak, namun karena ruang belajar terbatas, sehingga penerimaan siswa di batasi. Pompes yang terbilang baru ini sudah memiliki santri yang hafal 500 hadist. 

"Kita harapkan nanti dukungan dana wakaf selanjutnya, dapat diarahkan untuk keperluan yang lain. Seperti saat ini yang berlu di bangun, ruang belajar, mesjid, asrama putra putri dan lapangan panah dan berkuda," terangnya.

Loading...

Ketua Yayasan Sultan Yahya Abdul Rasyid Rianto Pua-Pua mengatakan, harta wakaf dapat membantu aktivitas ekonomi sebuah lembaga bahkan Negara, baik digunakan sebagai sumber modal pembangunan atau yang lain.

Ia, berterimkasih kepada umat yang telah mempercayai Badan Wakaf Indonesia kabupaten Siak, sebagai lembaga penyalur wakaf bagi kepentingan umat. 

"Kami bersyukur, kepedulian warga Siak sangat tinggi terhadap wakaf produktif. Pompes ini berdiri di tanah wakaf, wakaf ini pahala jariah, ia akan abadi maski orangnya telah tiada," pesannya.(Lin)