Wartawan Riau Ikuti UKW Angkatan XV dan XVI di Siak

Wartawan Riau Ikuti UKW Angkatan XV dan XVI di Siak

9 April 2021
Wartawan Riau Ikuti UKW Angkatan XV dan XVI di Siak

Wartawan Riau Ikuti UKW Angkatan XV dan XVI di Siak

RIAU1.COM -Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau angkatan XV dan XVI berlangsung di Kabupaten Siak, tepatnya di Hotel Grand Mempura,   Sebanyak  84 peserta yang ikut dalam dua angkatan ini, dimulai Rabu hingga Sabtu (7-10/4/2021).


Kegiatan UKW yang sangat berharga bagi insan pers ini dibuka secara resmi oleh Bupati Siak diwakili  Asisten III Setdakab Siak, Jamaludin, dan dihadiri Perwakilan PWI Pusat, Plt Kepala Perwakilan SKK Migas dan KKKS Sumbagut serta tim penguji dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kami menyampaikan  permintaan maaf Pak Bupati Siak yang berhalangan hadir. Dan insan pers di Siak selama ini sudah menjalin komunikasi yang bagus dengan Pemkab Siak. Ditambah lagi dengan adanya UKW ini, kualitas para insan pers di Siak akan semakin baik," ujar Jamaludin yang juga menceritakan sejumlah objek wisata Siak dan sekaligus membuka acara tersebut.


Ketua PWI Provinsi Riau, Zulmansyah Sekedang dalam kesempatan itu juga  menyampaikan rasa hormat kepada Pemkab  Siak dan SKKMigas Sumbagut bersama KKKS dan seluruh pihak yang sangat berkontribusi besar dalam membantu terselenggaranya UKW ini.


"Pada angkatan XV ini ada 42 peserta yang terdiri dari jenjang Muda, Madya dan Utama. Untuk angkatan XVI nanti juga 42 peserta dan nanti setelah Idul Fitri juga akan ada UKW untuk angkatan XVII dengan total keseluruhan 150 peserta. Dan Alhamdulillah 120 peserta disuport SKK Migas dan KKKS. Sehingga teman-teman bisa mengikuti UKW tanpa dipungut biaya pendaftaran," ujar Zulmansyah.


Menurutnya dengan adanya kesempatan yang baik itu, pihaknya menekankan kepada seluruh peserta untuk dapat dengan sungguh-sungguh mengikuti rangkaian UKW agar lulus dengan nilai yang baik.


"Ya, kalau ikut pribadi, UKW ini biasanya biayanya sampai Rp3,5 jutaan. Itu dulu, zaman saya ikut UKW. Jadi semangat untuk lulus, buktikan bahwa kita kompeten. Target PWI Riau dalam 3 tahun ke depan 500 orang lagi anggota PWI di Riau yang kompeten. Saat ini dari 1.114 anggota PWI se-Riau, baru 500 yang sudah kompeten," ujar Zulmansyah.

ia mengaku optimis peserta yang ikut akan lulus semua jika dalam keseharian sudah menjalankan kode etik jurnalistik, memahami UU Pers. Tidak perlu grogi selama UKW berlangsung dan tetap mengutamakan kedisiplinan.

Loading...


Kepala Perwakilan SKKMigas Sumbagut yang diwakili Spesialis Pratama Dukungan Bisnis Yanin Kholison menyebutkan kerjasama dengan insan pers di Riau selama ini berjalan baik. Sehingga, industri hulu migas bisa dikenal publik dengan baik.


"Ke depan kami ingin kerjasama ini terus terjalin, kita di SKK Migas tidak pernah menutup diri untuk menyampaikan informasi, kecuali ada yang sifatnya rahasia negara dan berisiko jika dipublish. Kemudian setiap mengeluarkan data, itu harus ada persetujuan pusat. Jadi bukan kita membatasi," terang Yanin.


Dikatakan Yanin, SKK Migas Sumbagut bersama KKKS Wilayah Riau berkomitmen penuh mendukung peningkatan kompetensi wartawan di Provinsi Riau melalui program Uji Kompetensi Wartawan PWI Riau.

Menurutnya, dukungan SKK Migas Sumbagut dalam Uji Kompetensi Wartawan merupakan program media dari KKKS Wilayah Riau dalam rangka membina hubungan baik dengan insan pers di Provinsi Riau.

"Dalam kegiatan ini, SKKMigas dan KKKS Wilayah Riau mensupport full kegiatan ini dengan total jumlah peserta UKW mencapai 120 orang. Kami juga mengikutsertakan wartawan lokal yang bersinggungan langsung dengan daerah operasional KKKS sehingga harapan kami dapat membantu pemberitaan positif rekan KKKS dil apangan," ujarnya.


Menurut Yanin, dengan kegiatan ini tentunya SKKMigas Sumbagut berharap agar peserta dapat mengikuti UKW dan dapat lulus 100 persen. Pihaknya  mengharapkan dukungan insan pers terutama terkait dengan pemberitaan kegiatan hulu migas di daerah. ''Kami juga berharap rekan rekan pers dapat menjadi mitra kami dalam melakukan sosialisasi hulu migas kepada masyarakat,'' harapnya.(Lin)