Bupati Buka Musrembang Kecamatan Dayun, Usulan Pembangunan Infrastruktur Masih Mendominasi

Bupati Buka Musrembang Kecamatan Dayun, Usulan Pembangunan Infrastruktur Masih Mendominasi

27 Februari 2021
Bupati buka musrenbang dayun

Bupati buka musrenbang dayun

RIAU1.COM -Bupati Siak Alfedri buka secara resmi
Murembang RKPD kabupaten Siak tahun anggaran 2022 dengan tema percepatan pemulihan ekonomi melalui pengembangan sektor pertanian, UMKM, ekonomi kreatif dan pariwisata yang berdaya saing di kecamatan Dayun Kabupaten Siak, Jum'at 26 Februari 2021.

Tampak hadir pada acara itu, Wakil Ketua DPRD Siak Fairus Ramli, Anggota DPRD Siak Sunarto, Kepala Bappeda Wan Yunus, Camat Dayun Novendra Kasmara, sejumlah pimpinan OPD, Penghulu se-kecamatan Dayun, dan kepala Bapekam serta tokoh masyarakat.

Acara ini berjalan dengan sesuai dengan menerapkan protokol kesehatan dengan mengikuti tiga M menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan Forum Musrembang ini sangat strategis, karena mampu merumuskan program kampung untuk diusulkan di Musrembang kabupaten.

"Alhamdulillah, ini Musrembang yang ke 10, saya tidak bisa semuanya hadir mengikuti, namun hari ini saya bisa hadir. Musrembang ini sanga strategis karena mampu mensinkronkan program dari bawah," ungkap Alfedri.

Lanjutnya, sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Siak terpilih dituangkan kedalam RPJMD di kepempiannnya mendatang, ia menyampaikan bagaimana menciptakan pelayanan yang cepat yang memudahkan masyarakat.

"Saya sudah rapat dengan pak Camat, Dinas pendudukan bagai mana tahun ini KTP, KK dan Hakte Kelahiran cukup di selesaikan di kecamatan masing-masing. Termasuk mengesa Smart Kampung," sebutnya.

Loading...

Selanjutnya, kata dia, tinggal menyiapkan kelembagannya, baik dari sisi perasarana secara bertahap, termasuk pembentukan UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) di setiap kecamatan termasuk menyiapkan personilnya.

Masih kata Alfedri, melaksanakan program pembanguan di ukur melalui IPM (Indek Pembanguan Manusia). Ukuranya keberhasilan pendidikan, kesehatan dan ekonomi mesti sejalan.

"Kita nih IPMnya tertinggi nomor 3 di Riau, setelah pekanbaru dan Dumai, tetapi tahun 2020 turun 0,7 tak sampai 1 persen. IPM ini di ukur dengan, pendidikan rata-rata tamat sekolah, kesehatan masyarakat dan ekonomi perkapita masyarakat, turunya IPM ini di sebapkan karena Covid 19,"terangnya.

Menurut Bupati Alfedri setelah semua kecamatan melaksanakan Musrembang, baru Pemkab melaksanakan Musrembang tingkat kabupaten. Ia berharap setiap usulan dari kecamatan berharap dapat di kawal oleh anggota dewan dari Dapil masing-masing, sehingga terakomodir.
 
Dalam Musrembang itu ia berharap kepada Penghulu yang mengusulkan program memiliki skala proritas dan mengakomodir kepentingan masyarakat banyak.

Camat Dayun Novendra Kasmara mengatakan usulan yang berasal dari kampung sudah terekap dan di masukan ke SIPD, usulan yang berasal dari kampung sudah dikerucutkan sesusi dengan visi misi bupati Siak terpilih.

"Kami telah mengikuti petunjuk dari Pemkab Siak, dan merekap setiap usulan, namun usulan yang masuk masih di dominasi program inprastruktur," pungkasnya.