Meski Nihil Titik Api, Polsek dan Upika Tualang Gelar Pemeriksaan dan Persiapan Penanganan Pencegahan Karhutla

Meski Nihil Titik Api, Polsek dan Upika Tualang Gelar Pemeriksaan dan Persiapan Penanganan Pencegahan Karhutla

10 Februari 2021
Kapolres siak

Kapolres siak

RIAU1.COM -

SIAK- Kapolsek Tualang Kompol Faizal Ramzani bersama Upika Kecamatan dan Instansi terkait BPBD, RPK Perusahaan dan MPA Se Kecamaran Tualang melaksanakan apel Kesiapsiagaan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di halaman Kantor Camat Lama Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Apel siaga yang dipimpin oleh Kapolsek Tualang Kompol M. Faizal Ramzani, SH, S.Ik, MH itu, melibatkan 100 personil terdiri dari TNI, Polri, BPBD, RPK Perusahaan, DAMKAR Kecamatan, Senkom dan MPA Kecamatan Tualang.

Kegiatan itu digelar dalam rangka melakukan persiapan penanganan pencegahan Karhutla. Seluruh alat pemadaman terlihat di periksa.

Kapolsek Tualang Kompol Faizal Ramzani, SH, SIk, MH mengatakan, Karhutla merupakan tanggung jawab bersama dan tidak henti-hentinya TNI/POLRI melakukan himbauan kepada masyarakat. 

"Kita meminta masyarakat untuk tidak membakar lahan apalagi disaat kemarau yang rentan dengan kebakaran. Hal ini penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dan semua pihak untuk mencegah Karhutla," ujarnya, Selasa 9 Februari 2021.

Kapolsek berharap kepada masyarakat  yang mempunyai lahan agar bisa patuh dan mentaati peraturan dan perundang- undangan yang ada. "Jangan bakar hutan dan lahan lagi," imbuhnya. 

Dijelaskannya, untuk saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir dan kita bersama-sama mengikuti protokol kesehatan untuk mengantisipasi covid-19.
Disela -sela akhir kegiatan, Kapolsek Tualang menghimbau, "Lebih baik menjaga dari pada kita berjibaku memadamkan kebakaran lahan," imbuh Kapolsek.

Camat Tualang Zalik Efendi mengatakan, tujuan diadakan apel kesiapsiagaan Karhutla di Kecamatan Tualang dilakukan guna mempersiapkan segala sarana dan prasarana dalam antisipasi Karhutla yang terjadi di wilayah Kecamatan Tualang. 

Disamping itu, UPIKA Kecamatan Tualang melakukan pengecekan peralatan Damkar seperi Mobil Damkar baik dari Kecamatan maupun dari perusahaan, pompa air pemadam, mesin, selang dalam perlengkapan pemadam kebakaran untuk antisipasi Karhutla. "Semua peralatan sudah kita cek, semua alat pemadam kebakaran berfungsi dengan baik," imbuhnya.