Gerak Cepat Polsek dan Upika Koto Gasib Cegah Karhutla

Gerak Cepat Polsek dan Upika Koto Gasib Cegah Karhutla

5 Februari 2021
Gerak Cepat Polsek dan Upika Koto Gasib Cegah Karhutla

Gerak Cepat Polsek dan Upika Koto Gasib Cegah Karhutla

RIAU1.COM -

SIAK - Polsek Koto Gasib bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Koto Gasib gelar apel persiapan penanganan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di halaman Kantor Kecamatan, Jum'at 5 Februari 2021.

Kegiatan itu dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana Karhutla di wilayah kecamatan Koto Gasib.

Kapolsek Koto Gasib Ipda Suryawan mengatakan, meski pun kondisi Kecamatan Koto Gasib saat ini masih belum terlihat tanda-tanda terjadinya kebakaran hutan, namun pemerintah bersama Kepolisian, TNI dan Masyarakat tidak boleh lengah, karena lebih baik melakukan pencegahaan dari pada mengatasi.

“Mencegah lebih baik dari pada mengatasi. Hal ini perlu kepedulian dan kerja sama semua pihak. Meski tidak mudah, namun kita harus melakukannya jika kita tidak ingin ada karhutla di wilayah kita,” ungkap Kapolsek Suryawan.

Lanjutnya mengatakan, sejak 2019 pihaknya sudah membentuk Satgas Karhutla di Kecamatan Koto Gasib yang memang sangat aktif. Satgas ini tidak hanya melibatkan personel Polsek, tapi juga pemerintah kecamatan dan kampung, organisasi dan perusahaan, dan juga Masyarakat Peduli Api (MPA).

“Tidak hanya mengkampanyekan bahaya karhutla untuk kesehatan, keselamatan dan lingkungan. Tapi juga bagaimana waktu, biaya dan tenaga yang dikeluarkan jika kebakaran lahan terjadi,” jelasnya.

Kemudian, Ipda Suryawan juga menyebutkan, persiapan dan upaya tidak hanya berhenti sampai di situ, kelompok diskusi, pertemuan dan pengajian di rumah ibadah juga menjadi wilayah sosialisasi. Hal tersebut menurutnya penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dan semua pihak untuk mencegah terjadinya karhutla.

"Inilah tujuan apel kita hari ini, Memastikan kesiapan tim dan personel serta peralatan. Lebih baik mencegah dari pada harus berjibaku memadamkan kebakaran lahan,” sebutnya.