1.400 Paket Sembako Dibagikan Untuk ODP di Siak, Sembako ini Merupakan Pengalangan Dana dari pejabat Eselon

1.400 Paket Sembako Dibagikan Untuk ODP di Siak, Sembako ini Merupakan Pengalangan Dana dari pejabat Eselon

8 April 2020
Bupati Siak Alfredi menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada camat/R24

Bupati Siak Alfredi menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada camat/R24

RIAU1.COM -SIAK- Bupati Siak, Alfedri di dampingi para Asisten dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Siak. Menyerahkan secara simbolis sejumlah paket sembilan bahan pokok kepada para Camat. Bantuan sembako yang diserahkan itu, hasil pengalangan dana secara sukarela dari seluruh pimpinan OPD, kepala Bagian, para Camat dilingkungan Pemkab Siak dan para Anggota DPRD Siak. 

Hingga saat ini paket sembako yang sudah terkumpul dan disalurkan berjumlah 1400 paket sembako. "Penyaluran bantuan ini sebagai upaya dalam mengatasi dampak wabah virus Corona atau COVID-19. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan Orang Dalam Pantauan (ODP) yang berada di sejumlah kecamatan,"kata Alfedri saat menyalurkan bantuan di Kediaman Komplek Abdi Praja, Kota Siak Sri Indrapura.

Dikatakannya satu paket sembako terdiri dari 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, satu papan telur, satu kaleng sarden ditambah mie instan. Satu paket bantuan itu bernilai Rp125 ribu.

Menurutnya bantuan tersebut diprioritaskan bagi ODP yang kurang mampu dan juga bagi masyarakat yang terdampak perekonomiannya. Sementara bagi yang mampu seperti ODP berstatus mahasiswa belum diberikan karena di nilai masih berkecukupan.

"Sembako ini satu paket untuk keluarga beranggotakan dua orang, kalau lebih dua orang diberikan dua paket, bantuan ini kita serahkan secara simbolis kepada pak camat dan pak camat nanti yang mendistribusikan kepada warganya yang ODP" imbuhnya.

Bantuan tersebut disalurkan bertahap kepada ODP di Siak yang jumlahnya sekarang ini mencapai 1332 orang. Tahap pertama sudah disalurkan pekan lalu sebanyak 392 paket sembako dan saat ini akan disalurkan 587 lagi.

Alfedri juga menyampaikan, kedelan tetap akan menggalang dana bantuan sembako ini. dengan mengajak aparatur sipil negara (ASN) berpangkat Eselon III di lingkungan Pemkab maupun Pegawai Sekretariat DPRD Siak untuk membantu meringankan beban warga tidak mampu khusus yang terpapar virus Corona atau Covid 19.

"Kita menghimbau kepada para ASN eselon III dilingkungan Pemkab Siak, untuk bahu-membahu meringankan saudara kita yang tidak mampu terkena wabah Corona,"himbaunya.

Selain itu pihak lain juga dirangkulnya untuk memberikan sumbangan seperti masker. Seperti yang dilakukan Dewan Kerajinan Daerah Siak (Dekranasda) yang menjahit hingga 10 ribu masker kain untuk ODP dan masyarakat.(Lin)