//riau1.com/

#siak

Alhamdulillah, Masyarakat Tualang Sudah Diperbolehkan Salat Jumat di Masjid, Tapi...

R1/rizal


Tokoh agama Kecamatan Tualang Tokoh agama Kecamatan Tualang

RIAU1.COM - Mengingat Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau masih dalam zona hijau wabah Covid 19, MUI Kecamatan Tualang Bersama KUA Tualang dan para pengurus masjid se Kecamatan Tualang menggelar musyawarah dan memutuskan untuk digelarnya ibadah salat Jum'at pada tanggal 3 April 2020 besok di Kota Industri Perawang.

Musyawarah yang juga dihadiri oleh Upika Tualang diantaranya Camat Tualang Zalik Effendi SSos, Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH, dan Danramil 10 Tualang Kapten Inf Maruli Tua Lumban Tobing. Dalam kegiatan itu semuanya sepakat, mengambil keputusan tetap melaksanakan salat Jum'at namun harus mengikuti protokol kesehatan.

"Persoalannya sekarang, bahaya (corona) itu sangat jelas, akan tetapi belum bisa didefinisikan sehingga yang perlu kita lakukan adalah bagaimana sedapat mungkin mencegah bahaya itu. Oleh Karena itu, hari ini kita sepakati, untuk besok, seluruh masjid di Kecamatan Tualang tetap melaksanakan salat Jum'at dengan catatan wajib mengikuti protokol kesehatan," kata Kepala KUA Tualang Najamudin SHi, didampingi Ketua MUI Tualang Drs H. Khairuddin Rasul, kepada Riau1.com, usai menggelar musyawarah di Kantor Camat Tualang, Kamis 2 April 2020.

www.jualbuy.com

Baca Juga: Satlantas Polres Siak Imbau Pengusaha Angkutan Umum Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Jelang Penerapan New Normal

Selain harus mengikuti protokol kesehatan, lanjut Kepala KUA Tualang menerangkan, para pengurus masjid diminta untuk membersihkan masjid terlebih dahulu di pagi hari, dan menyediakan sabun untuk cuci tangan bagi para jamaah yang ingin menunaikan salat Jum'at.

"Masjid harus dibersihkan terlebih dahulu oleh pengurus, kemudian setiap masjid harus menyediakan sabun ataupun handsanitizer, dan yang paling terpenting bagi seluruh masyarakat yang menunaikan ibadah salat Jum'at, apabila ada jamaah yang kesehatannya sedang terganggu, kita harap langsung pulang dan tidak mengikuti salat Jum'at," terangnya.

Ditambahkan Ketua MUI Tualang, Drs H. Khairuddin Rasul mengatakan, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat muslim, agar menjadikan musibah Virus Corona ini, sebagai sarana untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Baca Juga: Dihadiri Kapolsek dan Kepala KUA Tualang, Ratusan Jamaah Salat Jumat di Masjid Nurul Islam Perawang dengan Protokol Kesehatan Covid-19

"Musibah ini kita jadikan cambukan kita untuk lebih meningkatkan lagi ketaqwaan kita kepada-NYA. Perbanyaklah dzikir dan do'a di waktu-waktu mustajab, agar Allah SWT menjauhkan kita semua dari wabah virus Corona dan penyakit lainnya," himbaunya.

Kesepakatan yang telah disepakati bersama itu, telah tertuang dalam Maklumat yang bersifat temporer, dengan Nomor 12/MUI-Kec/Tualang/IV/2020, tentang kewaspadaan dan pencegahan virus Corona (Covid 19).

"Maklumat ini sifatnya temporer yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat yang telah terjangkit wabah virus Corona. Kita akan lakukan musyawarah dan evaluasi setiap minggunya," sebutnya.





Loading...
loading...