Bupati Karawang Positif Corona, 18 Orang Pengurus Partai Demokrat Siak akan Jalani Tes Kesehatan

Bupati Karawang Positif Corona, 18 Orang Pengurus Partai Demokrat Siak akan Jalani Tes Kesehatan

25 Maret 2020
Kongres V Partai Demokrat 2020

Kongres V Partai Demokrat 2020

RIAU1.COM - Kabar Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana yang dinyatakan positif Covid-19 (Corona Virus) sangat mengejutkan semua pihak. Tak terkecuali seluruh pengurus Partai Demokrat dari tingkat Nasional hingga ke tingkat DPC kabupaten/kota.

Hal itu dikarenakan, Bupati Karawang yang juga menjabat sebagai anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, sempat memimpin rapat Kongres ke V Demokrat pada tanggal 15 Maret 2020 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Selatan itu, saat ini telah dinyatakan Positif Covid-19.

Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Siak pada saat itu memberangkatkan sebanyak 18 orang untuk menghadiri Kongres sekaligus pemilihan ketua Umum Demokrat tersebut.

"Ada 18 orang yang terdiri dari ketua DPAC masing-masing kecamatan dan beberapa orang pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Siak yang berangkat dari tanggal 14-16 Maret kemarin," sebut Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Siak Syamsurizal, S.Ag, M.Si, Rabu 25 Maret 2020.

Kendati pada saat acara akbar partai Demokrat itu telah dilakukan pemeriksaan kesehatan yang sangat ketat saat berangkat memuju lokasi acara dan pulang dari acara tersebut, DPC Partai Demokrat Kabupaten Siak juga akan melakukan pengecekan kesehatan terhadap 18 orang yang berangkat ke Kongres itu sesuai dengan intruksi langsung dari Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang diteruskan kepada seluruh kader di daerah.

"Kita sudah koordinasikan kepada rekan-rekan yang berangkat kemarin, untuk melakukan tes kesehatan di masing-masing kecamatan, kemungkinan hari ini semuanya melakukan pengecekan kesehatan," jelas Legislator Siak dapil 1 itu.

Anggota DPRD Kabupaten Siak itu juga mengatakan, seluruh pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Siak saat itu tak ada kontak fisik dengan petinggi Demokrat lainnya. Bahkan sebelum mengikuti kongres, seluruhnya dinyatakan sehat oleh tim medis.

"Dalam acara tersebut, kami menggunakan standar para dokter yang ditunjuk sesuai SOP yang ada dan dalam pengawasan Dinkes/Pemda DKI agar tidak ada sentuhan tangan. Bahkan sebelumnya ada pemeriksaan ketat suhu dan melakukan cuci tangan berulang kali sesuai standar," sebutnya.

Diketahui, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah mengeluarkan sepuluh instruksi gerakan nasional bernama Demokrat Melawan Corona melalui surat edaran bernomor Instruksi/01/III/2020, Selasa 24 Maret 2020, yang ditujukan kepada kader Partai Demokrat, melalui ketua Fraksi di DPR-RI, ketua DPD, hingga ketua DPC Partai Demokrat di seluruh Indonesia. AHY meminta para kader untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19.

Adapun isi surat edaran Ketua Umum Partai Demokrat itu yakni : 

Pertama, memastikan kepada seluruh kader senantiasa menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik atau pembersih tangan (hand sanitizer).

Kedua, memastikan kepada seluruh kader dan keluarga untuk tetap berada dan atau berkegiatan di rumah masing-masing kecuali dalam keadaan darurat. Jika harus keluar rumah, jaga jarak paling tidak satu meter dengan orang lain.

Ketiga, memastikan kepada seluruh kader yang mengalami gejala seperti demam tinggi, gangguan pernapasan, dan bagi yang baru kembali dari daerah yang terlanda wabah atau yang merasa berinteraksi dengan orang yang positif terkena virus corona, maka wajibkan untuk melaporkan atau memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

Keempat, memastikan kepada seluruh pengurus partai agar semua agenda dan kegiatan partai yang mengharuskan kehadiran fisik, apalagi pengumpulan massa, agar ditidakan. Koordinasi dan komunikasi, serta kerja-kerja politik agar dilakukan melalui teleconference atau aplikasi lain berbasis internet yang mendukung.

Kelima, memastikan para kader partai, terutama yang menjadi kepala daerah dan anggota legislatif untuk melakukan aksi nyata dengan cara menghimpun dan mendistribusikan bantuan medis seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan, alat perlindungan diri (APD) maupun cairan disinfektan untuk ruang-ruang publik.

Keenam, khusus kepada Ketua Fraksi PD DPR-RI, agar membantu pemerintah untuk:

A. Melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan dalam operasi penanggulangan Virus Corona, utamanya menambah kapasitas fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

B. Merumuskan dan menjalankan kebijakan (policy response) serta tindakan pemerintah untuk menanggulangi gejolak ekonomi yang serius saat ini.

C. Melakukan kerja sama dengan negara lain, di antaranya untuk pengadaan alat kesehatan, khususnya test kit.

Ketujuh, melaporkan kepada ketua umum atas pelaksanaan instruksi ini setiap hari secara berjenjang dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Para Ketua DPC melaporkan kepada Ketua DPD setiap pukul 18.00 WIB; selanjutnya para Ketua DPD melaporkan kepada Ketua Umum setiap pukul 19.00 WIB

2. Ketua Fraksi FPD DPR RI melaporkan kepada Ketua Umum setiap pukul 19.00 WIB.

Kedelapan, mendokumentasikan semua kegiatan positif terkait Gerakan Nasional Demokrat Melawan Corona ini dengan baik. Diharapkan ada publikasi secara luas baik melalui media massa dalam rangka mengedukasi masyarakat luas serta menginspirasi aksi nyata bagi seluruh keluarga besar Partai Demokrat.

Kesembilan, AHY berterima kasih kepada seluruh kader yang telah berusaha untuk membantu masyarakat dalam menanggulangi wabah Virus Corona.

Kesepuluh, laksanakan instruksi ketua umum DPP Partai Demokrat, dengan penuh tanggung jawab.