Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Siak Gelar Rakor Gandeng RT dan RW Sebagai Pengawas Tingkat Kampung

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Siak Gelar Rakor Gandeng RT dan RW Sebagai Pengawas Tingkat Kampung

31 Desember 2019
Rakor Bawaslu Siak

Rakor Bawaslu Siak

RIAU1.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siak mengundang perwakilan Ketua RT dan RW serta aparatur Kampung dalam koordinasi bersama stakeholder demi mensukseskan Pilkada 2020 mendatang. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Grand Royal, Senin 30 Desember 2019.

Ketua Bawaslu Siak Moh Royani menuturkan, kegiatan tersebut digelar sebagai upaya memberikan pemahaman, pengetahuan dan persepsi kepada stakeholder akan pentingnya pemilihan yang demokratis sesuai dengan asas pemilu serta mencegah pelanggaran antara peserta pemilu yang bakal berkompetisi.

”Tujuan diselenggarakannya Rakor ini adalah  untuk Menyamakan persepsi dan pemahaman tentang pentingnya Pengawasan dengan Stakeholder, sehingga terciptanya Pemilu yang Demokratis, Aman, Bersih dan Bermartabat,” tutur Royani.

Lanjutnya menerangkan, kegiatan itu juga untu memberikan dan menambah wawasan kepada ujung tombak pemerintah terkait Pengawasan dalam Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2020.

”RT, RW maupun perangkat Kampung itu merupakan ujung tombak roda pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karen itu, segala hal yang menyangkut pelanggaran dalam Pilkada nanti, kita harapkan peran pengawasan ditingkat kampung ini," terangnya.

Loading...

Dirinya berharap, dengan saling koordinasinya Bawaslu dengan garda terdepan pemerintah itu, Pilkada 2020 di Kabupaten Siak dapat berjalan lancar, aman dan jauh dari praktek mony politik.

"Intinya kita ingin semuanya berjalan lancar tanpa ada pelanggaran. Kita juga akan membentuk kampung pengawasan nantinya, yang mana ini sudah di awali dengan perekrutan agen pengawas se-Kabupten Siak, 'Bawaslu has an agent', itu sebutan untuk agen pengawasan di tiap-tiap kampung nantinya," jelasnya.

Kegiatan itu tampak dihadiri oleh Kasat Intel Polres Siak AKP Edi Juanidi SH dan Komisioner KPU Siak Agus Heryanto serta sekira 70 orang perwakilan perangkat kampung di Kabupaten Siak.