GMC Terlihat di Kota Industri Perawang Siak, Warga Tualang Padati Jembatan Maredan

GMC Terlihat di Kota Industri Perawang Siak, Warga Tualang Padati Jembatan Maredan

26 Desember 2019
Warga padati jembatan saksikan gerhana matahari cincin di Perawang Siak

Warga padati jembatan saksikan gerhana matahari cincin di Perawang Siak

RIAU1.COM - Warga berbondong-bondong ke Jembatan Sultan Syarif Hasyim di Kecamatan Tualang, Kamis 26 Desember 2019, untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin. 

Fenomena alam 300 tahun sekali itu terlihat jelas di Kecamatan yang berjuluk Kota Industri Perawang dari pukul 10.45 WIB, dan terlihat membentuk cincin pada pukul 12.13 hingga 12.17 WIB.

Warga yang tak ingin melewatkan fenomena itu langsung beramai-ramai memadati jembatan kebanggaan masyarakat Tualang.

"Katanya bisa dilihat di Kecamatan Sungai Apit, eh ternyata disini juga sangat jelas, karena penasaran, kita sekeluarga berhenti dan melihat langsung matahari cincinnya, Langka sih soalnya," kata salah satu warga, Dinda yang menyaksikan GMC diatas Jembatan SSH.

Hal senada juga diungkapkan oleh pengunjung lain, Toni Saputra warga Kampung Perawang Barat yang sejak pukul 11.00 WIB sudah berada dijembatan tersebut untuk menyaksikan  fenomena langka itu.

"Sebenaranya saya mau ke Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, yang katanya fenomena ini hanya bisa dilihat jelas disana, namun sepertinya disini juga terlihat jelas, apalagi masyarakat juga banyak disini, dan ternyata benar matahari cincinnya terlihat jelas, subhanallah indahnya," ujarnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Siak bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) saat ini menggelar Ivent Gerhana Matahari Cincin yang menelan anggaran sekitar Rp 1 Milyar, di Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.