Drumblek SPEKTA Genesis SMPS KTU Koto Gasib, Meriahkan Pawai Karnaval Kebudayaan di Pekanbaru

Drumblek SPEKTA Genesis SMPS KTU Koto Gasib, Meriahkan Pawai Karnaval Kebudayaan di Pekanbaru

19 Oktober 2019
Rombongan SMPS KTU Koto Gasib saat mengikuti pawai karnaval kebudayaan di Jalan Gajahmada Pekanbaru

Rombongan SMPS KTU Koto Gasib saat mengikuti pawai karnaval kebudayaan di Jalan Gajahmada Pekanbaru

RIAU1.COM - Sebanyak 45 orang pelajar SMPS Kimia Tirta Utama (KTU) Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, membuat penonton terkagum-kagum karena menampilkan kreatifitas pemuda untuk negeri saat menjadi peserta pawai Festifal Kebudayaan, memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-91 di Pekanbaru.

Drumblek ini merupakan permainan alat musik yang memanfaatkan barang-barang bekas seperti tong besar, tong kecil, blek, kentongan, balera dan tam.

Berada pada barisan kedua Kontingen Kabupaten Siak, para pelajar di Kecamatan Koto Gasib itu tampak bersemangat memainkan drumblek sembari berjalan degan senyuman melintasi Gubernur Riau Syamsuar dan tamu undangan lainnya.

"Kesenian drumblek ini merupakan implementasi dari pendidikan karakter berwawasan lingkungan, hasil kerjasama dan kemitraan antara Kementerian Pendidikan dan Kementerian Lingkungan Hidup, yang diwujudkan dalam konsep Sekolah Adiwiyata," ujar Humas PT KTU, Azra Husaini.

"Ini merupakan kreasi putra-putri bangsa dalam memanfaatkan barang-barang bekas menjadi alat musik," terang Humas PT KTU Azra Husaini, saat menjadi peserta karnaval Kebudayaan di Pekanbaru, Sabtu 19 Oktober 2019.

Dijelaskannya, SMPS Kimia Tirta Utama telah menyatakan komitmennya untuk menjadi Sekolah Adiwiyata, dalam mendukung Program Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah Kabupaten Siak.

"Kita mendukung penuh 'Siak Hijau, Siak Lestari' sesuai tema Peringatan Hari Jadi Kabupaten Siak yang ke 20 tahun pada tanggal 12 Oktober 2019 lalu, ini juga sebagai implementasi dari Peraturan Bupati Siak Nomor 22 Tahun 2018 tentang Kabupaten Hijau," terangnya.

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ini, pihaknya juga mengucapkan selamat atas Jokowi-Maaruf sebagai Presiden dan wakil Presiden periode 2019-2024 mendatang.

Kegiatan itu dihadiri Gubernur Riau, Danrem 031/WB, Wagubri, Kapolda Riau, Danlanud RSN, Ketua LAM, Kajati, Wakapolda Riau, serta seluruh Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Riau.