Jokowi Minta Kepala Daerah di Riau Fokus Atasi Karlahut, Ini Kata Bupati Siak Alfedri

Jokowi Minta Kepala Daerah di Riau Fokus Atasi Karlahut, Ini Kata Bupati Siak Alfedri

6 Agustus 2019
Bupati Siak, Alfedri

Bupati Siak, Alfedri

RIAU1.COM - Bupati Siak, Alfedri menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) tahun 2019 di Istana Negara Jakarta,  Selasa 6 Agustus 2019.

Rakornas Pengendalian Karlahut 2019 itu, Presiden RI memberikan pengarahan kepada seluruh peserta, mulai dari gubernur, kapolda, bupati/walikota se-Indonesia.

Presiden RI, Jokowi meminta pemerintah daerah terkait di kawasan rawan karlahut untuk memprioritaskan langkah-langkah pencegahan.

"Yang paling penting, pencegahan. Jangan sampai api sudah membesar baru kita bingung menanggulangi. Kalau apinya sudah membesar, apalagi di lahan gambut, sangat sangat sulit sekali padamnya," kata Jokowi.

Sementara itu, Bupati Siak, Alfedri mengatakan, dalam rapat tersebut dibahas prinsip bagaimana kepala daerah hingga ke jajaran terendah untuk bersama-sama selalu mengingatkan masyarakat memprioritaskan pencegahan, agar tidak terjadi karlahut.

Loading...

Selain itu, ia juga mengungkapkan, karlahut tahun ini sedikit meningkat dari tahun 2018 lalu. Untuk itu, setiap kepala daerah dikumpulkan kembali agar karlahut bisa segera diselesaikan.

"Untuk mengelola lahan perkebunan jangan dengan cara membakar, tapi bagaimana agar tidak membakar lahan. Jangan sekali-kali membakar hutan dan lahan. Mari tingkatkan patroli serta tingkatkan penegasan hukum sesuai dengan apa yang ditegaskan oleh Presiden," pungkasnya.