Siak Raih Penghargaan Pastika Parahita, Alfedri: Bentuk Komitmen Penanggulangan Bahaya Rokok

Siak Raih Penghargaan Pastika Parahita, Alfedri: Bentuk Komitmen Penanggulangan Bahaya Rokok

11 Juli 2019
Bupati Siak, Alfedri (paling kanan) menerima penghargaan Pastika Parahita dari Kemenkes RI

Bupati Siak, Alfedri (paling kanan) menerima penghargaan Pastika Parahita dari Kemenkes RI

RIAU1.COM - Bupati Siak, Alfedri menerima penghargaan Pastika Parahita dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI atas komitmen dan dukungannya terhadap penanggulangan bahaya rokok di Kabupaten Siak, Riau.

Penghargaan tersebut diserahkan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Dr Anung Sugihantono, pada puncak Peringatan Hari Tanpa Tembakau sedunia, Kamis 11 Juli 2019 di Auditorium Prof DR Swabessy, Kemenkes RI.

Alfedri menuturkan, penghargaan ini diserahkan sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen dan dukungan Pemda terhadap penanggulangan bahaya rokok serta tindak lanjut dari Instruksi Presiden No 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang menginstruksikan agar bupati/wali kota melaksanakan kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

"Alhamdulillah, hari ini kita menerima penghargaan Pastika Parahita dari Kemenkes RI atas komitmen dan dukungan Pemda terhadap penanggulangan bahaya rokok," kata Alfedri.

"Penghargaan ini juga sebagai apresiasi terhadap Pemkab Siak yang telah menindaklanjuti instruksi presiden terkait kebijakan KTR dengan menerbitkan Perda No 13 tahun 2018 tentang KTR," terangnya.

Loading...

Alfedri menuturkan, Perda tersebut mengatur sejumlah kawasan tidak boleh merokok, seperti fasilitas umum, rumah ibadah, perkantoran ruang terbuka hijau.

"Perda KTR ini diatur dengan tujuan untuk melindungi masyarakat dari dampak buruk rokok, terutama kelompok perokok pasif," tuturnya.

"Kita berharap implementasi dari Perda tersebut dapat dilaksanakan lebih optimal di Siak, sehingga Pemkab dapat berperan aktif dalam menekan jumlah pravelensi perokok terutama pada anak dan remaja," pungkasnya.(R1)

Penulis: M Rizal Iqbal