Pengembangan Ekonomi Masyarakat, UMKM di Rohul Dapat Bantuan Rp1,3 Miliar

Pengembangan Ekonomi Masyarakat, UMKM di Rohul Dapat Bantuan Rp1,3 Miliar

1 September 2022
Penyerahan bantuan

Penyerahan bantuan

RIAU1.COM - Anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau, PT Perkebunan Nusantara V menyalurkan bantuan modal usaha sebesar Rp1,3 miliar kepada kelompok usaha mikro kecil menengah yang tergabung dalam koperasi unit desa (KUD) Tani Sejahtera di Kabupaten Rokan Hulu. 

Senior Executive Vice President Business Support PTPN V, Rurianto, dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Kamis (1/9/2022) mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud komitmen PTPN V dalam membantu pengembangan ekonomi masyarakat.

"Bagi PTPN V, langkah ini adalah wujud komitmen kami, untuk dapat berperan dalam pengembangan ekonomi masyarakat, terutama pelaku usaha mikro dan kecil, dari hulu hingga ke hilir," katanya. 

Ruri menuturkan sebanyak 16 anggota KUD Tani Sejahtera mendapat dukungan penguatan pengembangan usaha, seperti penggemukan hewan ternak, ritel, dan lainnya. 

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa bantuan modal usaha yang diperuntukkan bagi KUD Tani Sejahtera tersebut merupakan yang kedua kalinya dalam kurun waktu setahun tahun terakhir. Sebelumnya, perusahaan juga menyalurkan modal usaha sebesar Rp1,17 miliar kepada sebagian anggota KUD. 

Mengingat usaha yang dijalankan cukup berkembang sementara pengembalian modal usaha berjalan lancar, maka perusahaan kembali mengalokasikan anggaran serupa yang berasal dari program Pendanaan UMK tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL). 

Loading...

"Semoga sinergi ini terus terjalin dengan baik, membawa keberkahan dan kesejahteraan bagi semua," ujarnya. 

Sementara itu, Corporate Secretary PTPN V, Bambang Budi Santoso, mengatakan bahwa KUD Tani Sejahtera didapuk sebagai koperasi terbaik di Rokan Hulu. Dia berharap kehadiran PTPN V dapat menghasilkan created share value kepada KUD. 

"Ini adalah bentuk created shared value, saling mendukung. Tiga tahun terakhir PTPN V kian gencar pererat hubungan kemitraan. Pak menteri juga sudah tau sektor petani plasma adalah penerima kredit yang patuh dan lancar. Insya Allah usaha teman-teman dirahmati Allah. PTPN V selalu hadir di tengah masyarakat," kata Bambang. 

Saat ini, lanjut Bambang, terdapat 2.398 mitra binaan aktif yang tersebar di berbagai daerah di Riau. Sejak awal berdiri, perusahaan telah mendistribusikan sedikitnya Rp103 miliar Rupiah kepada lebih dari 4.000 mitra dengan sektor usaha beragam, mulai dari perdagangan, perkebunan, peternakan, jasa, hingga industri kecil.*