Kurban Masjid Agung Islamic Center Rohul: 62 Ekor Sapi, 6 Ekor Kambing

Kurban Masjid Agung Islamic Center Rohul: 62 Ekor Sapi, 6 Ekor Kambing

8 Juli 2022
Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu

Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu

RIAU1.COM - Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu (Rohul) pada tahun 2022 akan lakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 62 ekor Sapi dan 6 ekor kambing yang akan disembelih usai pelaksanaan Sholat Idul Adha, Ahad (10/7/2022).

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Kesra Setda Rokan Hulu, Umzakirman di Masjid Islamic Center Rokan Hulu, Kamis (7/7/2022).

Umzakirman menjelaskan bahwa sesuai dari data yang dikumpulkan dari masing-masing OPD yang ada di Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu, untuk jumlah kurban hewan sapi berjumlah 62 ekor dan kambing sebanyak 6 ekor. 

"Pelaksanaan pemotongan akan dilakukan langsung pada hari yang sama setelah pelaksanaan salat Idul Adha yang akan dilakukan di halaman seputaran Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu," kata dia.

Sambung dia, untuk daging hewan kurban akan dibagikan pertama kepada yang melaksanakan kurban, kemudian kepada masyarakat lingkungan dan para petugas pelaksana kurban.

"Juga akan dibagikan pada daerah yang membutuhkan, namun hanya dapat dibagi secara 50 Persen dan 50 Persen lagi akan dipotong di Masjid Agung. Adapun yang akan dibagikan ke daerah yang membutuhkan tidak dalam bentuk daging namun hewan hidup," sebut dia.

Sementara itu menindaklanjuti adanya penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan sapi, Umzakirman menjelaskan bahwa hewan yang akan dipotong semuanya harus melalui proses pemeriksaan oleh petugas hewan.

"Sehingga nantinya setelah melalui proses, barulah hewan kurban tersebut bisa di potong, hal ini tidak hanya berlaku bagi hewan yang akan dipotong di Masjid Agung namun juga berlaku bagi setiap daerah se Kabupaten Rokan Hulu," papar dia menjelaskan.*