Wabup Indra Gunawan Pastikan Laporan Pemkab Rohul pada KPK Betul-betul Akurat

Wabup Indra Gunawan Pastikan Laporan Pemkab Rohul pada KPK Betul-betul Akurat

6 Oktober 2021
Kantor Bupati Rokan Hulu/Net

Kantor Bupati Rokan Hulu/Net

RIAU1.COM - Sebagai upaya mewujudkan Pemerintahan yang bersih dan transparan dalam Perencanaan dan Penganggaran, Bupati Rohul H. Sukiman dan Wabup Rohul H. Indra Gunawan komitmen melaksanakan 8 fokus pencegahan Korupsi Terintegasi sesuai dengan arahan KPK RI.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Rokan Hulu dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pencegahan Korupsi Terintegrasi bersama Satgas Pencegahan Bidang Direktorat Koordinasi dan Supervisi KPK RI Wilayah I Riau dan OPD Rohul, Selasa (5/10/2021).

Sebut Wabup, kegiatan Monev Pencegahan Korupsi terintegrasi upaya sinergitas Pemkab dengan KPK dalam rangka pencegahan korupsi dilingkungan Pemkab Rohul. Untuk pencegahan ini, Pemkab melalui OPD-OPD di Rohul komitmen melaksanakan ada 8 Fokus Koordinasi Pencegahan Korupsi terintegrasi.

"Diantaranya, Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Peningkatan Kapasitas APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Dana Desa," katanya.

“Kita harapkan melalui Monev Pencegahan Korupsi Terintegrasi ini sebagai pengalaman dan pembelajaran bagi kita terhadap pencegahan korupsi di Rohul. Kita harapkan kita bebas dari Korupsi dengan komitmen melaksanakan 8 area pencegahan Korupsi,” sambung Wabup.

Terkait dengan fokus KPK dalam pengelolaan Aset Daerah, Wabup mengaku aset daerah untuk kedepannya dilakukan pendataan yang akurat.

“Jadi laporan kita kepada KPK ini betul-betul akurat. Mana kekurangan nanti akan kita tata dengan baik kedepannya bagaimana data ini akurat,” ujar Wabup.

“Setiap tahun kita ada penambahan aset tetap kita laporkan. Ini juga harapan kita sebagai Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu untuk kedepan juga kepada OPD, komitmen dalam penataan aset daerah di Rohul,” harapnya.*