Dua Paslon Saling Klaim Menang di Pilkada Rohul

Dua Paslon Saling Klaim Menang di Pilkada Rohul

10 Desember 2020
ilustrasi

ilustrasi

RIAU1.COM -ROKAN HULU--Dua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) nomor urut 2, H. Sukiman-H. Indra Gunawan dan Paslon nomor urut 3, H. Hafith Syukri-H. Erizal sama-sama klaim menang pada Pilkada serentak 2020.

Klaim kemenangan ini disampaikan oleh Ketua Tim Koalisi masing-masing Paslon. Untuk Paslon nomor urut 2, H. Sukiman-H. Indra Gunawan disampikan oleh Ketua Tim Pemenangan Kelmi Amri. Sedangkan Paslon nomor urut 3, H. Hafith Syukri-H. Erizal disampaikan oleh Murkhas.

Klaim kemenangan Paslon H. Sukiman-H. Indra Gunawan melalui konferensi pers di kediaman pribadi Sukiman di Perumahan Reswood, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Rabu (9/12) sekitar pukul 19.00 WIB malam.

Dalam konferenai Pers tersebut, Ketua Tim Koalisi Rokan Hulu Maju Kelmi Amri mengaku kemenangan diketahui dari hasil rekapitulasi suara dilakukan saksi Sukawan di 1.126 TPS tersebar di 145 desa/kelurahan di 16 kecamatan.

Berdasarkan rekapitulasi suara dilakukan petugas di 11 kecamatan, dari total 231.187 suara sah, Paslon Sukawan meraih 92.322 suara di 145 desa/kelurahan di 16 kecamatan, disusul Paslon nomor urut 3 Hafith Syukri-Erizal meraih 89.734 suara, dan Paslon nomor urut 1 Hamulian-M Sahril Topan meraih 49.130 suara.

"Ini berdasarkan pencocokan formulir C1 dan keterangan saksi yang kita tunjuk pada Pilkada 9 Desember tersebar di 1.126 TPS dengan 322.824 DPT, 145 desa/ kelurahan tersebar di 16 kecamatan," jelas Kelmi Amri dan mengaku 231.187 suara sudah masuk 100 persen, dengan persentase pemilih 72 persen.

Di tempat sama, Calon Bupati Petahana H. Sukiman mengucapkan terimakasih ke seluruh pihak yang ikut mensukseskan Pilkada Serentak 2020, termasuk penyelenggara, petugas keamanan dan lainnya.

Bupati Rohul yang masih aktif menjabat ini mengaku bahwa Pilkada Rohul 2020 sudah usai. Dirinya mengajak seluruh elemen bersama-sama membangun daerah lebih maju lagi, tanpa membeda-bedakan pilihan.

"Pilkada sudah usai, mari bersama-sama kita membangun Rokan Hulu agar lebih baik lagi,"tutup Sukiman.

Senada dengan Paslon nomor urut 3, H. Hafith Syukri-H. Erizal, juga mengumumkan kemenangan pada konferensi pers di Posko Pemenangan Hafith-Erizal di Simpang Tugu Jalan Diponegoro, Pasirpengaraian, Rabu malam.

Ketua Tim Pemenangan Rakyat Rokan Hulu Bersatu, Murkhas, mengaku tim baru mengumumkan kemenangan karena pihaknya tidak mau gegabah‎ dengan hasil yang sudah dicapai.

"Sebab perlu dilakukan valid data sesuai data didapatkan dari koalisi, C1 dan sebagainya," kata Murkhas saat konferensi pers yang juga didampingi Paslon Hafith Syukri-Erizal.

Atasnama Ketua Tim Koalisi Rakyat Rokan Hulu Bersatu, Murkhas, mengucapkan terimakasih kepada relawan dan simpatisan Hafith-Syukri, serta masyarakat atas kemenangan Paslon berjargon Gaspoll tersebut.

Murkhas menambahkan data suara kemenangan Paslon Hafith-Erizal didapat dari berbagai sumber dan dapat dipertanggungjawabkan, dan mengungguli dari dua Paslon lain, yakni Paslon nomor urut 1 Hamulian-M Sahril Topan, serta Paslon nomor urut 2 Sukiman-Indra Gunawan.

Pada kesempatannya, calon Bupati Rokan Hulu Hafith Syukri mngatakan apa yang sudah dicapai bersama harus dikawal bersama mulai Pleno PPK sampai pleno KPU‎.

Hafith Syukri klaim Tim Koalisi Rakyat Rokan Hulu Bersatu unggul 1.025 suara dari Paslon nomor urut 2 Sukiman-Indra Gunawan, sesuai data valid saksi, tim koalisi dan C1 saat perhitungan suara Pilkada Serentak.

"Ikuti kemana kotak itu berjalan, jangan ada tangan-tangan yang menyenggol kotak itu. Kita pastikan apa yang kita dapatkan malam ini data valid saksi kita melalui C1. Kita pastikan bisa kita kawal sampai pleno KPU," sampainya.

Kepada seluruh relawan, Hafith meminta, mulai dilaksanakannya Konferensi kemenangan itu, dirinya meminta agar seluruh relawan mengawal setiap bergerakan kotak suara dan meminta relawan mengetahui persis posisi dan letak kotak suara.

"Pastikan relawan semua tahu dimana kotak itu berada, jangan sampai lengah‎, kita pastikan kalau kita bersama-sama, kita kawal bersama-sama hasil ini tidak akan berubah, Insya Allah sampai pleno KPU," tambahnya.

Tetkait saling klaim kemenangan, ‎Hafith mengaku hal itu biasa di dunia politik. Namun demikian, pihaknya tak mau mencuri start mengumumkan kemenangan, harus dipastikan dahulu data yang masuk ke server dan tim baru direkap dengan baik.

"Kita tidak ingin apa yang kita sampaikan terburu-buru bahwa kita terkesan curi start, tidak. Tapi kita yakinkan bahwa 03 benar-benar menjadi idaman masyarakat untuk melakukan perubahan di Rokan Hulu,"tutupnya.

"Artinya kemenangan-kemenangan ini akan kita gabungkan menjadi kekuatan untuk kemenangan kita 03, Insya Allah," pungkas Hafith Syukri lagi.<br><br>

‎Sementara, calon Wabup Rokan Hulu nomor urut 3, Erizal, mengatakan hasil suara diraih merupakan kerja keras semua pihak, oleh sebab itu harus dikawal bersama.

"Jangan sampai kerja keras itu sia-sia, maka kita kawal ketat pleno di PPK yang mulai besok sudah jalan, kita kawal ketat, bila perlu datang rame-rame, bahwasanya ini kemengan masyarakat Rokan Hulu kemenangan kita semua," kata Erizal.

Erizal juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Rohul yang sudah mempercayai Hafith Syukri bersama dirinya bersama-sama untuk membangun Kabupaten Rohul kedepannya. (amsur)