Memaksa Masuk Temui Ketua KPU Rohul, Puluhan Massa Bentrok Dengan Petugas

Memaksa Masuk Temui Ketua KPU Rohul, Puluhan Massa Bentrok Dengan Petugas

3 September 2020
Simulasipengamanan Pilkada Rohul/R1

Simulasipengamanan Pilkada Rohul/R1

RIAU1.COM -ROKAN HULU-Puluhan massa aksi yang mencoba memaksa masuk menemui Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hulu (Rohul) terlibat bentrok dengan aparat Kepolisian dan petugas Satpol PP Rohul, Rabu (2/9/20) sore.

Puluhan massa yang awalnya ingin menyampaikan tuntutan mereka karena merasa tidak puas keputusan yang telah diambil KPU. Sempat terjadi ketegangan antara pengunjuk rasa dengan aparat.

Pesonel Polres dan PAM yang bertugas di kantor KPU, kemudian mencoba menemui massa yang berdemonstrasi. 

Lalu melakukan negosiasi, namun massa tetap ingin memaksa masuk ke kantor KPU. 

Personel PAM memberikan laporan ke Polsek Rambah, setelah mendapat laporan Polsek Rambah turun langsung ke lapangan untuk membentuk Formasi Dalmas awal. 

Setelah formasi Dalmas dibentuk tetapi tidak juga menyurutkan niat massa demontrasi agar masuk ke kantor KPU untuk menjumpai Ketua KPU, Kapolsek Rambah lalu melaporkan kejadian itu ke Kapolres Kapolres agar memberikan perintah ke Kabag Ops untuk menurunkan Kompi Dalmas yang akan dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Rohul.

Namun berbagai upaya dilakukan agar massa yang berdemonstrasi mundur. Bahkan sempat terjadi dorong mendorong antara Dalmas dengan puluhan massa yang berdemonstrasi, sehingga menimbulkan anarkis massa yang berdemontrasi.

Untuk membubarkan massa aksi, Kepolisian menurunkan mobil water canon.  Setelah massa demontrasi mundur satu persatu dan membubarkan diri, diturunkanlah mobil Security Barrier untuk melakukan blokade agat massa yang ingin berdemonstrasi tidak bisa langsung masuk ke kantor KPU.

Loading...

Kericuhan massa dengan aparat gabungan, merupakan rangkaian dari simulasi dengan mempraktekkan tata cara Personel Polres Rohul dan PAM saat menghadapi massa yang berdemonstrasi ke kantor KPU Rohul.

Latihan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) sebagai persiapan pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati  dan Wakil Bupati Rokan Hulu di wilayah hukum Polres Rohuk, digelar Rabu sore. 

Kegiatan Sispamkota dilaksanakan di halaman kantor Bupati Rohul, dipimpin Kapolres Rohul AKBP Taufik Lukman Nurhidayat, Bupati Rohul H.Sukiman diwakili Asisten 1 Bisman,Waka Polres Kompol Willy Kartamanah AKS,S.IP,M.SI, para Kabag, Kasat Pol PP Ridarmanto, pejabat Pemerintahan Pemkab Rohul, para Kasat Polres dan Pama Polres Rohul.

Kapolres AKBP Taufik Lukman Hidayat, SIK, MH mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk melatih kesiapan keanggotaan dalam mengamankan Pilkada Rohul tahun 2020. 

"Sore ini sengaja menggelar kegiatan sesuai dengan tema Simulasi Sispam Kota Ops Mantap Praja Lancang  Kuning 2020, untuk melatih kesiapan anggota kita mengamankan pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rohul tahun 2020 agar berjalan aman dan kondusif,"sebut Kapolres AKBP Taufiq.(Amsur)