Satgas Saber Pungli Riau Kunjungi Rohil, Jumpai Wakil Bupati

Satgas Saber Pungli Riau Kunjungi Rohil, Jumpai Wakil Bupati

24 Agustus 2022
Usai pertemuan

Usai pertemuan

RIAU1.COM - Tim gabungan satuan tugas dan sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Riau melaksanakan suvervisi dan klarifikasi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam rangka pelayanan dan pencegahan Pungli di Rohil, Rabu (24/8/2022) di ruang rapat lantai delapan kantor bupati Rohil.

Pertemuan itu dihadiri langsung Ketua Satgas Saber Pungli Riau Kombespol Hermansyah SH SiK beserta rombongan. Sementara itu dari Pemkab Rohil dihadiri langsung Wakil Bupati H Sulaiman, Ketua Satgas Saber Pungli Rohil Kompol Frenky Tambunan, Forkopimda Rohil, dan seluruh kepala dinas.

Hermansyah mengatakan, kedatangan tim gabungan Satgas Saber Pungli ini sesuai dengan arahan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dan memastikan apakah Satgas Saber Pungli di Rohil berjalan dengan baik sekaligus mencari solusi apasaja menjadi kendala ditiap daerah.

"Hasil penilaian Ombudsman RI Rohil masih terbaik tiga tahun lalu, tentu dengan penilaian ini menunjukkan bahwa pelayanan di Rohil sudah baik. Mudahan-mudahan kedepannya pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebaiknya sehingga pelayanan prima betul-betul dirasakan oleh masyarakat," jelas Hermansyah.

Ditambahkannya, setiap OPD yang melayani masyarakat harus dipastikan bahwa pelayanan itu betul-betul berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan oleh undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Untuk kegiatan pelayanan ini lanjut Hermansyah, pihaknya juga  sudah melakukan sosialisasikan kepada masyarakat. Namun masih ada anggapan-anggapan masyarakat bahwa untuk mendapatkan pelayanan publik itu harus mengeluarkan uang ekstra.

"Ini kemungkinan ada pihak-pihak tertentu yang menyebarkan isu demikian sehingga dia nantinya ingin mendapatkan keuntungan dari situ untuk menjadi calo. Padahal kita semua  instansi yang melayani publik itu sudah menyampaikan bahwa diharapkan masyarakat tidak memberi apapun," terangnya.

Loading...

Sementara itu Wabup Rohil berharap, dengan adanya pertemuan ini Pemkab Rohil dan Forkompimda akan lebih bersemangat dalam menjalankan pemerintahan yang bersih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Tentu pertemuan ini sangat bermakna bagi kita. Yang pertama kita berterima kasih dengan ada acara ini kita berharap kedepannya pemerintah menerapkan pelayanan pelayanan maksimal cepat dan tepat sesuai dengan aturan dan amanat undang-undang," harap wakil.

Dijelaskan Wabup, sebelumnya Pemkab Rohil telah menerbitkan SK tentang pembentukan Satgas Saber Pungli. Hal ini bertujuan sebagai upaya konkrit Pemkab untuk memperpendek rentang kendali pelayanan sehingga dengan cepat masyarakat dapatkan pelayanan yang bersih.

"Walaupun demikian, masih ada juga ditemui oknum-oknum nakal yang menghambat pelayanan. Ini akan terus kita pantau dan kami lakukan pembinaan," ungkap Sulaiman.

Usai pertemuan tersebut, Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Riau juga turun langsung melaksanakan pemantauan pada dinas pelayanan publik seperti RSUD, Disdukcapil dan dinas pelayanan perizinan terpadu untuk memastikan pelayanan terhadap masyarakat.