Rohil Tuan Rumah MTQ Provinsi Riau, Persiapan Mulai Dilakukan

Rohil Tuan Rumah MTQ Provinsi Riau, Persiapan Mulai Dilakukan

6 April 2022
Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong

Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong

RIAU1.COM - Dalam rapat persiapan MTQ Provinsi Riau tahun 2022,  Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong memberikan sinyal kepada seluruh stakeholder bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau tetap dilaksanakan walaupun dengan segala keterbatasan anggaran.  

Karena menurutnya selama dua tahun terakhir, sudah dua kabupaten di Provinsi Riau gagal melaksanakan MTQ  tersebut disebabkan masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Walaupun anggaran tidak memadai namun seandainya kita mampu melaksanakan pelaksanaan MTQ dengan meriah, itu yang sangat luar biasa," kata Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong disela sela rapat persiapan MTQ Provinsi Riau awal pekan ini.

Namun demikian, Bupati meminta kepada seluruh OPD untuk melakukan penghematan anggaran agar pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau bisa berjalan maksimal dengan cara mengurangi pengeluaran berlebihan dan mengalokasikan kepada hal yang dianggap penting.

"Pelaksanaan MTQ Provinsi Riau akan tetap dilaksanakan di Tahun 2022 ini, namun tidak bisa memastikan kapan pelaksanan MTQ akan dimulai,  untuk itu nantinya kita dari pihak Kabupaten Rokan Hilir akan berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Riau terkait pelaksanaan MTQ Provinsi Riau melalui eksposs mnggu depan," kata dia.

Loading...

Selanjutnya Kepala Kemenag Kabupaten Rokan Hilir, Naini menyampaikan, pihaknya telah melakukan persiapan dengan melakukan pembinaan kepada sejumlah Hafiz, Tilawah,Tahfizh, Qira’at, Syahril, Fahmil, dan Tafsir hadist sebanyak 60 org.  Naini juga jelaskan bahwa, Pendaftaran MTQ tingkat Provinsi Riau harus dilakukan dua minggu sebelum pelaksanaan mengingat sekarang menggunakan sistem e-MTQ.

Dia menyebutkan, pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Rokan Hilir hendaknya dilaksanakan sebelum bulan November mengingat pada bulan itu juga dilaksanakan pertandingan MTQ tingkat nasional. 

Dia berharap, Kabupaten Rokan Hilir bisa melaksanakan MTQ Tingkat Provinsi Riau sekaligus memperjuangkan agar nantinya bisa mengikuti pesertanya di MTQ Tingkat Nasional.