Solusi Banjir di Bagansiapiapi, Bupati akan Perlebar Kanal

Solusi Banjir di Bagansiapiapi, Bupati akan Perlebar Kanal

1 Oktober 2021
Saat tinjau banjir

Saat tinjau banjir

RIAU1.COM - Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari belakangan ini mengakibatkan sebagian wilayah di ibu kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil) mulai digenangi air. 

Bupati dan Wakil Bupati Rohil Afrizal Sintong- H Sulaiman secara langsung turun untuk melakukan pemantauan di beberapa lokasi banjir.
 
"Hari ini kami telah cek lokasi banjir, insya Allah dalam beberapa hari kita akan tambah alat berat untuk melakukan normalisasi seluruh kanal yang ada di Bagansiapiapi, " katanya. 

Dalam pelaksanaan normalisasi maupun pelebaran kanal nantinya sebut Bupati, pemerintah daerah akan memberikan ganti rugi jika ada tanaman maupun rumah warga yang terdampak. 

"Kita ganti rugi jika ada rumah masyarakat maupun tanaman masyarakat yang kena dalam pelebaran kanal, namun kita juga meminta pengertian dari masyarakat, kita siapkan anggaran untuk ganti rugi, kita akan perlebar dan bersihkan semua kanal yang ada," jelas Bupati. 

Pemerintah daerah terang Bupati, akan fokus dalam menangani persoalan banjir yang ada di Rohil. Sebab katanya, saat ini belum puncak termasuk dari musim penghujan. 

Loading...

"Nanti bulan 12 baru puncaknya, sebelum bulan 12 kita sudah mengatasi ini dan kita upayakan untuk mengurangi dampak banjir, " katanya. 

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa seluruh karyawan yang ada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan dikerahkan untuk membersihkan seluruh saluran air maupun drainase yang tersumbat dan meminta Camat, Lurah serta Penghulu untuk berupaya dalam mengatasi banjir serta memberikan informasi daerah mana yang perlu di normalisasi. 

"Kita juga berharap seluruh camat datuk penghulu, lurah dan aparat pemerintah dapat bersama-sama bekerja untuk mengatasi banjir ini," paparnya.*