Siklon Tropis Pabuk Pengaruhi Cuaca Hingga Tinggi Gelombang di Perairan Riau dan Sekitarnya

Siklon Tropis Pabuk Pengaruhi Cuaca Hingga Tinggi Gelombang di Perairan Riau dan Sekitarnya

3 Januari 2019
Ilustrasi (Int)

Ilustrasi (Int)

RIAU1.COM -Siklon Tropis Pabuk yang bertitik lokasi di Laut Cina Selatan, sebelah timur perairan Negara Malaysia berdampak pada kondisi cuaca disejumlah wilayah di Indonesia, termasuk diantaranya Provinsi Riau serta beberapa provinsi tetangga lainnya di Pulau Sumatera.

Analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), meski pergerakan Siklon Tropis Pabuk ini bergerak menjauhi Indonesia pada 3-4 Januari 2019, namun tetap memberi dampak, terutama pasa cuaca serta tinggi gelombang di laut.

Data BMKG menyebutkan, dampak cuaca itu berupa hujan ringan-sedang di Sumatera Utara, Sumbar, Kepulauan Riau termasuk Provinsi Riau. Selain di Pulau Sumatera, dampaknya juga melanda Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

Tak cuma terhadap cuaca, siklon tersebut juga memengaruhi gelombang laut, di mana memicu ketinggian air (Gelombang) di perairan, misalnya di Selat Malaka bagian tengah dengan tinggi gelombang 1,25 hingga 2,50 meter.

Loading...

Kondisi serupa juga terjadi di Perairan Riau, perairan utara daerah Sabang, perairan Banda Aceh, perairan barat P. Simeulue hingga Kepulauan Mentawai.

Sedangkan gelombang laut dengan tinggi 2,50 hingga 4,00 meter di Laut Natuna, sedangkan gelombang laut dengan tinggi 4,00 sampai 6.00 meter di Laut Natuna Utara.