Wamenag Minta Guru Madrasah di Riau Berinovasi

Wamenag Minta Guru Madrasah di Riau Berinovasi

3 Oktober 2022
Wamenag RI, Zainut Tauhid dalam arahannya

Wamenag RI, Zainut Tauhid dalam arahannya

RIAU1.COM - Bagian dari upaya menuju Indonesia Emas 2045, madrasah perlu mempersiapkan siswa-siswinya menjadi SDM yang unggul dan berdaya saing global. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan guru-guru yang berani melakukan inovasi dan perubahan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan bahwaPenegasan ini disampaikan Wamenag saat memberikan arahan pada agenda "Ngobrol Pendidikan Islam (Ngopi) bersama Wakil Menteri Agama RI" di Pekanbaru, Ahar (2/10).

"Anak-anak sekarang itu sudah pada melek internet. Mereka bisa lebih cepat dapat informasi daripada kita. Mereka bisa tahu lebih dulu daripada kita. Lah, kalau kita enggak melakukan perubahan-perubahan, kita pasti tertinggal," tegas Wamenag.

"Syaratnya adalah kita harus berani keluar dari zona nyaman. Karena orang kalau sudah merasa nyaman, biasanya dia akan malas melakukan perubahan-perubahan, malas berinovasi," pesannya.

Wamenag menuturkan bahwa ada dua karakter manusia.Pertama adalah, Karakter Supir yang harus terus terbangun menghadapi lika-liku jalan supaya tidak celaka dan karakter Penumpang yang bisa nyaman tertidur dari berangkat sampai ke lokasi tujuan. Ada yang merasa nyaman dan ada yang terus beradaptasi dengan perubahan.

Menurut wamenag, guru madrasah harus memiliki growth mindset, yaitu cara pandang yang selalu ingin tumbuh, berkembang, dan mencari solusi.

"Kita berharap kedepan guru-guru kita dapat menjadi problem solver dan beradaptasi dalam setiap masalah-masalah yang akan kita hadapi di dunia pendidikan," tutup Wamenag.*