POC Berbahan Dasar Kulit Pisang Diperkenalkan pada Masyarakat Rantau Panjang

POC Berbahan Dasar Kulit Pisang Diperkenalkan pada Masyarakat Rantau Panjang

18 Agustus 2022
Mahasiswa Kukerta Unri

Mahasiswa Kukerta Unri

RIAU1.COM - Pupuk Organik Cair (POC) merupakan salah satu pupuk berjenis cair yang dapat berfungsi sebagai perangsang tumbuh tanaman. POC biasanya dibuat menggunakan bahan bahan sisa atau limbah rumah tangga yang tidak digunakan lagi, untuk selanjutnya akan dipergunakan menjadi sesuatu yang bermanfaat, salah satunya untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Mayta Novaliza Isda, M.Si  pada tanggal 10 Agustus 2022 telah mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair berbahan dasar kulit pisang dan limbah rumah tangga.

Kegiatan ini dilaksanakan dikantor kelurahan Rantau Panjang dengan melibatkan warga dan anggota, serta pengurus PKK kelurahan Rantau Panjang. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan warga yang mengikuti  pelatihan POC kedepannya dapat memanfaatkan limbah kulit pisang dan limbah rumah tangga dengan lebih maksimal untuk dijadikan sebagai pupuk.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat dan belum pernah diadakan pelatihan serupa di kelurahan Rantau Panjang, sehingga kegiatan ini menjadi daya tarik tersendiri, karena informasi dan ilmu yang mudah untuk diterapkan, khususnya untuk ibu-ibu rumah tangga," terang Murni Derita selaku kader PKK kelurahan Rantau Panjang.

 "Kami berharap kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara berlanjut karena melihat partisipasi dan antusias warga kelurahan rantau panjang", ujar Muhammad Tamyis Lutfi Hakim selaku ketua Kelompok KKN Kelurahan Rantau Panjang.*