Penuhi Kebutuhan Masyarakat dengan Harga Terjangkau, Riau Hortimart Diluncurkan

Penuhi Kebutuhan Masyarakat dengan Harga Terjangkau, Riau Hortimart Diluncurkan

8 Agustus 2022
Wagubri Edy Natar saat pasar murah dan launching Riau Hortimart

Wagubri Edy Natar saat pasar murah dan launching Riau Hortimart

RIAU1.COM - Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Riau menggelar pasar murah, sebagai upaya pemerintah untuk mengatasi masalah ekonomi di daerah. 

Kegiatan ini juga bersempena dengan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau yang jatuh pada 9 Agustus 2022. 

Tidak hanya itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan launching Riau Hortimart oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution. 

Pasar murah dan Riau Hortimart ini berlokasi di Pasar Tani BBI Hortikultura Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Riau yang berada di jalan KH. Nasution Pekanbaru. 

Penyelenggaraan pasar murah dan launching Riau Hortimart bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau, karena harganya akan lebih rendah dibandingkan pasar biasa, disebabkan adanya subsidi harga. 

Dengan adanya pasar murah tersebut, salah satu warga Kota Pekanbaru, Regar merasa sangat terbantu karena harga yang ada dipasar murah lebih rendah dibandingkan dengan pasar biasa yang dia beli. 

Nenek Regar, sapaan akrabnya, mengaku akan belanja dipasar murah, selain harganya terjangkau juga lebih dekat dengan rumahnya. 

"Alhamdulillah pasar murah sangat membantu masyarakat, walaupun tak banyak tapi ada keringanannya, karena kita mencari yang murah. Apalagi dalam keadaan yang serba susah saat ini," kata nenek Regar di Pasar Tani BBI Hortikultura, Senin (8/8/2022). 

Terlihat, nenek Regar membeli cabai merah, bawan, dan berbagai tepung.

"Disini (pasar murah) harga cabai merah nenek beli 70 ribu rupiah per kilo, ini lebih murah dari pasar biasa nenek beli yaitu sampai 100-an," ujar nenek Regar. 

Ia berharap Pemerintah Provinsi Riau akan senantiasa mengadakan pasar murah untuk kebutuhan masyarakar di Riau

Loading...

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Riau, Syahfalepi mengatakan pasar murah ini melibatkan pelaku UMKM, ritel dan distributor yang bergerak dibidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dengan sistem kemitraan. 

Pasar murah dan Riau Hortimart, kata Syahfalepi, akan dibuka secara berkesinambungan. 

"Dipasar murah dan Riau Hortimart ini petani bisa menjual dan mempromosikan apasaja hasil produknya, baik hasil sayuran, buah-buahan segar, maupun produk olahan hasil budidaya pertanian," jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution merasa senang dengan adanya penyelenggaraan pasar murah dan Riau Hortimart. 

"Bagi para petani yang merasakan kesulitan akibat kenaikan harga karena sarana produksi, maka dilaksanakan pasar murah atau pasar tani dan Riau Hortimart," ujar Wagubri. 

Edy Nasution beraharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat memperpendek mata rantai pemasaran, dengan demikian bisa  memberikan keuntungan bagi para petani. 

"Semoga petani di Riau akan lebih bersemangat dan giat dalam berusaha tani," harap Edy Natar

Wagubri juga tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Riau, para petani, dan semua pihak yang menjadi garda terdepan dalam penyediaan pangan daerah di Bumi Melayu Lancang Kuning. 

"Semoga kerjasama ini dapat menurunkan angka kemiskinan serta peningkatan kesejahteraan petani khusunya petani di Provinsi Riau," pungkas Edy Natar.*