//riau1.com/

#riau

Belum Ada Tindakan Konkret Hilirisasi Produk Kelapa Sawit di Riau

R1/wira


Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Diseminasi pengembangan proyek dan usaha berbasis kelapa sawit yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau dihadiri Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Muhammad Job Kurniawan.

Baca Juga: Kunker ke Riau, Menteri Zulhas Klaim Harga Bahan Pokok Terjangkau

Pada kesempatan itu, Job menyampaikan apresiasi kepada BI Perwakilan Riau telah menggelar diseminasi terkait pengembangan produk berbasis kelapa sawit yang ada di Provinsi Riau ini. Menurutnya, untuk pengembangan produk kelapa sawit ini, diperlukan langkah nyata antara pemerintah, swasta dan masyarakat.

"Bagaimana ini harus menjadi hal yang nyata di bawah satu komando sehingga adanya hilirisasi kelapa sawit di Provinsi Riau," katanya.

Dia juga menyebutkan, bahwa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau juga mendorong terkait hilirisasi kelapa sawit ini. Menurutnya, dari sisi pemerintah perlu membahas lebih lanjut dan konkret terkait rencana apa yang diperlukan untuk pengembangan hilirisasi khususnya kelapa sawit di Provinsi Riau.

"Setelah melakukan seminar, kita juga perlu kawal hal ini bagaimana bisa terealisasikan," lanjutnya.

Ia berharap, melalui seminar atau diseminasi terkait pengembangan produk dan usaha berbasis kelapa sawit seperti ini, rencana mengenai hilirisasi kelapa sawit kedepan dapat terealisasi.

Selain itu, pihaknya juga akan mengkaji lebih dalam alasan para investor belum berminat untuk berinvestasi dibagikan hilirisasi sawit ini. Dengan begitu, Riau tidak ekspor CPO saja, akan tetapi banyak produk turunan sawit lainya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Parah, Stok Vaksin Meningitis di Riau Habis

"Ini langkah yang perlu kita kaji lebih dalam, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena penurunan kelapa sawit tidak hanya CPO tapi banyak lagi turunan," tukasnya.*





Loading...
loading...