PAD Bisa Meningkat, Kepala Daerah di Riau Harus Dukung Kebijakan Satu Peta

PAD Bisa Meningkat, Kepala Daerah di Riau Harus Dukung Kebijakan Satu Peta

20 Mei 2022
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Kebijakan satu peta diharapkan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dapat dukungan bupati/wali kota dan segera terlaksana di Provinsi Riau dengan sebaik-baiknya.

Karena menurut Syamsuar, kebijakan satu peta tersebut sangat perlu didukung termasuk juga berkaitan dengan kemudahan perizinan yang menjadi instruksi dari Presiden RI, Joko Widodo. 

"Kami mengharapkan dukungan bupati/wali kota agar bagaimana berkaitan dengan perizinan perlu didukung dan agar berkenaan kebijakan satu peta ini dapat terlaksana di Provinsi Riau dengan sebaik mungkin," kata Syamsuar. 

Lalu Syamsuar menginginkan, kebijakan satu peta ini dapat diakomodir dengan sebaik-baiknya dalam rencana tata ruang wilayah. Karena saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sedang melakukan inventarisir terhadap kebun dalam kawasan hutan.

Untuk itu, sambung dia, agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Meskipun saat ini masih banyak kebun dalam kawasan hutan yang belum memperoleh izin dan permasalahan lainnya.

"Karena itulah dukungan kita semua melalui konsultan ahli agar kerja disamping kita sempurnakan RTRW, dapat kita sempurna kan kebijakan satu peta ini yang sekaligus juga bisa dimasukkan berkenaan perizinan yang telah dikeluarkan oleh Menteri KLHK terhadap adanya perkebunan yang terlanjur di dalam kawasan hutan," tambahnya.

Kemudian dia menyebutkan, melalui kebijakan satu peta permasalahan perkebunan dalam kawasan hutan dan permasalahan HGU dapat terselesaikan.

"Inilah harapan kami melalui kesempatan ini. Mari kita manfaatkan ini kesempatan ini juga bisa meningkatkan PAD dan pendapatan daerah kita guna membangun daerah ini bisa lebih maju lagi di masa yang akan datang," tuturnya.*