Tahun Ini Bantuan untuk Usaha Mikro Pemprov Riau Hanya Rp 14 Miliar

Tahun Ini Bantuan untuk Usaha Mikro Pemprov Riau Hanya Rp 14 Miliar

19 Mei 2022
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Sosialisasi penerima bantuan bagi usaha mikro bersumber dari dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Riau tahun 2022 dipimpin Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau M. Job Kurinawan, Kamis (19/5).

Asisten II menyebutkan, kegiatan ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun belakangan. Pada tahun 2021 lalu Pemprov Riau telah menganggarkan Rp 24 miliar untuk bantuan bagi pelaku usaha mikro. Namun karena keterbatasan waktu dan kondisi, di kabupaten/kota yang ada di Riau hanya terserap 65 persen dari total anggaran yang tersedia yaitu Rp 16 miliar.

“Untuk itu di 2022 ini kami sudah melakukan perubahan dimana kegiatan ini sudah dianggarkan di APBD murni. Sehingga waktu pelaksanaannya lebih panjang,” jelas Job Kurniawan.

Sementara itu total anggaran yang akan disalurkan Pemprov Riau pada tahun 2022 sebesar Rp14 miliar untuk 12.266 pelaku usaha mikro yang tersebar di 12 kabupaten/kota yang ada di Riau. Asisten II berharap OPD terkait seperti kepala dinas, camat, kepala desa UMKM disetiap kabupaten/kota dapat mengatasi ini sehingga kegiatan ini bisa terealisasikan sepenuhnya ditahun 2022 ini.

Loading...

Lebih lanjut, Asisten II memandang kegiatan ini sangat membantu bagi para pelaku usaha mikro di Prov. Riau. Ia juga berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan serta dipergunakan dengan baik, demi meningkatkan daya usaha mikro dan memulihkan ekonomi disetiap kabupaten, kecamatan maupun desa yang ada di Riau.

“Mudah – mudahan kepala desa, camat dan kepala unit koperasi yang langsung berinteraksi dengan masyarakat dapat memantau hal ini, sehingga tepat sasaran dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi,” tutup Asisten II.*