Tiga Desa Di Riau Terpilih dalam Program Desa Cinta Statistik Nasional

Tiga Desa Di Riau Terpilih dalam Program Desa Cinta Statistik Nasional

19 Mei 2022
Saat peluncuran Desa Cinta Statistik

Saat peluncuran Desa Cinta Statistik

RIAU1.COM - Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yakni sebuah program pembinaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) dalam lingkup desa, kelurahan dan yang setingkat untuk meningkatkan kompetensi aparat desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Tujuan program ini untuk peningkatan kompetensi aparatur desa dalam mengelola dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Misfaruddin mengatakan, 3 Desa di Provinsi Riau terpilih dalam Program Desa Cinta Statistik dari 100 desa di wilayah administrasi setingkat desa di seluruh Indonesia.

"Pada tahun 2021 Provinsi Riau didalam Program 100 Desa Cinta Statistik secara nasional, ada 3 desa di Provinsi Riau termasuk didalam 100 Desa Cinta Statistik Nasional," kata Misfarudin. 

Adapun 3 Desa tersebut antara lain, Desa Pekan Kamis Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir, Desa Laboy Jaya, Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar dan Desa Mukti Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. 

Misfaruddin mengatakan bahwa progres pelaksanaan pembinaan Program Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik di Provinsi pada tahun 2021 sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. 

"Karena di ketiga desa itu, terjadi suatu komunikasi yang intens," sebutnya. 

Adapun output Program Desa Cantik Provinsi Riau tahun 2021 tersebut dijelaskannya antara lain, Pertama, Aplikasi Desa Pekan Kamis dalam rangka sebagai output pembinaan di Desa Pekan Kamis Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. 

Kedua, SIDUKDES (Sistem Informasi Kependudukan Desa) sebagai output pembinaan di Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. 

Terakhir Ketiga, terbentuknya Komunitas Statistik Kepenghuluan Mukti Jaya sebagai output pembinaan di Desa Mukti Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya kehadapan Bapak Gubernur dan kehadapan Bapak Bupati yang telah mensukseskan 3 Program Desa Cantik di tahun 2021," tutup Kepala BPS Riau, Misfaruddin. 

Selain itu ditambahkannya, 6 desa atau kelurahan di Provinsi Riau juga terpilih dalam 177 Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Tambahan secara nasional. Adapun ke enam desa/kelurahan tersebut adalah Desa Saik Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, Desa Candirejo Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu, Desa Parit I Api Api Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis, Desa Alah Air Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, Kelurahan Sumahilang Kecamatan Pekanbaru Kota Kota Pekanbaru dan Kelurahan Bintan Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai.*